Antisipasi Hal Buruk di Libur Panjang, Dishub Jabar Gelar Ramp Check dan Periksa Kesehatan Awak Bus

- 29 Oktober 2020, 09:24 WIB
Sekretaris Dishub Provinsi Jawa Barat Idat Rosana.
Sekretaris Dishub Provinsi Jawa Barat Idat Rosana. /BUDI SATRIA/PRFM

PRFMNEWS - Sekretaris Dishub Provinsi Jawa Barat Idat Rosana mengatakan, pada libur panjang akhir pekan ini pihaknya bersama dengan jajaran Kepolisian dan juga dinas perhubungan kabupaten/kota akan melakukan uji kelaikan kendaraan atau ramp check. Selain itu, kesehatan awak bus yang bertugas turut diperiksa.

"Untuk sopir, kita sudah mengimbau kepada PO itu bahwa kesehatan sopir menjadi jaminan utama, selain itu kendarannya dari pool sebelum pemberangkatan harus dipersiapkan dari teknis kendaraannya," kata Idat saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis 29 Oktober 2020.

Baca Juga: Tak Peduli akan Dibully, Megawati Pertanyakan Sumbangsih Generasi Milenial: Masa Hanya Demo Aja?

Kata Idat, pemeriksaan kelaikan kendaraan tidak hanya dilakukan pada bus AKDP maupun AKAP. Bus wisata atau travel pun tak luput dari pemeriksaan.

Menurut Idat, ramp check dan pemeriksaan kesehatan awak bus ini dilakukan oleh Dishub Jabar secara serempak di seluruh kota/kabupaten. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan saat libur panjang akhir pekan ini.

Baca Juga: Megawati: Saya Manusia Unik Lho di Republik Ini, Bukan Menyombongkan Diri

Petugas dari Dishub Jabar saat memeriksa kelaikan salah satu bus yang melintas di Exit Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 29 Oktober 2020.
Petugas dari Dishub Jabar saat memeriksa kelaikan salah satu bus yang melintas di Exit Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 29 Oktober 2020. BUDI SATRIA/PRFM

Pada hari ini, Idat dan tim melakukan ramp check di sekitaran Exit Tol Soreang, Kabupaten Bandung. Bus-bus yang akan menuju Ciwidey dan objek wisata lainnya di Kabupaten Bandung akan dihentikan untuk diperiksa kelaikannya.

Jika ditemukan bus yang tidak lengkap dokumen serta dari sisi teknis tidak laik jalan, maka bus dilarang untuk melanjutkan perjalanan dan semua penumpang diminta turun untuk berganti kendaraan dengan kendaraan baru dari PO Bus tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x