Daftar Bahan Pokok Turun Harga di Jabar Pascalebaran, Bey Titip Ulama Sampaikan Imbauan ini ke Masyarakat

- 17 April 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi sayuran yang disimpan di dalam kulkas.
Ilustrasi sayuran yang disimpan di dalam kulkas. /Unsplash/

PRFMNEWS – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin menyatakan terjadi tren penurunan harga sejumlah komoditas pokok dan barang penting di sejumlah pasar di wilayah Jawa Barat pada periode pasca Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Tren turun harga pada sejumlah bahan pokok usai Lebaran 2024, ujar Bey Machmudin, berdasarkan pemantauan Disperindag Jabar di sejumlah pasar di Jawa Barat, seperti Kota Bandung, Kota/Kabupaten Bogor, Kota Cimahi, Cirebon dan Karawang.

Daftar sejumlah bahan pangan yang cenderung mengalami penurunan harga pada momen setelah Lebaran 2024 terpantau terjadi pada komoditas seperti beras, cabai, dan telur.

Baca Juga: Langgar Aturan Tarif, Begini Cara Laporkan Oknum Parkir Liar Getok Harga Selangit di Kota Bandung

Hanya saja komoditas daging perlu terus diwaspadai karena bobot konsumsinya tinggi.

"Psikologis 'demand' harus dijaga supaya tidak ada lonjakan permintaan yang berlebihan, karena ketika banyak permintaan, pedagang biasanya oportunis. Sosialisasi yang cukup masif harus dilakukan," kata Bey di Bandung, Selasa 16 April 2024.

Untuk itu, Bey berharap peran para ulama atau tokoh masyarakat juga bisa mengimbau langsung kepada masyarakat agar tidak belanja berlebihan. Sehingga diharapkan stok kebutuhan pokok tetap terjaga agar tidak ada gejolak.

"Peran ulama, kemudian tokoh masyarakat penting untuk menyampaikan kepada masyarakat supaya tidak berlebihan dalam berbelanja," tuturnya.

Saat ini, khusus untuk beras, di beberapa tempat sudah panen setelah mengalami keterlambatan sekitar dua bulan karena faktor cuaca. Maka dari itu, Bey meminta agar serapan hasil panen tersebut dilakukan oleh Jabar sendiri.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x