Menhub Setujui Operasional Kereta Api Eksekutif Baru dan Penerbangan Rutin Rute Langsung ke Tasikmalaya

- 1 Januari 2024, 06:00 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi //Dok Kemenhub

PRFMNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberi ‘lampu hijau’ dioperasikannya kereta api (KA) kelas eksekutif yang melayani rute perjalanan langsung Stasiun Tasikmalaya – Stasiun Jakarta Gambir. Operasional transportasi umum berbasis rel tersebut sesuai dengan pengajuan dari wali kota Tasikmalaya.

Menhub juga menyepakati adanya jadwal penerbangan pesawat rutin setiap hari dengan rute langsung dari/ke Tasikmalaya. Kepastian adanya KA eksekutif berhenti di Stasiun Tasikmalaya dan penerbangan berjadwal di Bandara Wiriadinata diungkap Menhub saat meninjau infrastruktur transportasi massal di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu 30 Desember 2023.

“Untuk sektor kereta api, kami akan upayakan penambahan perjalanan kereta api eksekutif yang berhenti di Stasiun Tasikmalaya, sebagaimana permohonan dari wali kota Tasikmalaya,” ujar Menteri Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 30 Desember 2023.

Baca Juga: Perumda Tirtawening Ajukan 21.000 Rumah Dapat Hibah Presiden untuk Pemasangan Sambungan Air Bersih Gratis

"Tadi Dirjen Perhubungan Udara dan Walikota Tasikmalaya juga sudah bersepakat untuk bersama-sama mengupayakan adanya penerbangan berjadwal. Kami mohon dukungan Pemda untuk menjamin okupansi pesawat sebanyak 70%. Kita usahakan ada dua penerbangan di sana," imbuh dia.

Pada tinjauannya itu, Budi Karya tidak hanya mengecek langsung operasional transportasi massal di Bandara Wiriadinata dan Stasiun Tasikmalaya, namun juga hingga ke Terminal Tipe A Indihiang.

Dia menjelaskan pemerintah telah membangun sejumlah infrastruktur transportasi darat, kereta api dan udara di Indonesia. Oleh karena itu, Kemenhub juga berkomitmen akan terus mengoptimalkan layanan transportasi massal di wilayah Priangan Timur, meliputi Kota Tasikmalaya, Banjar, Garut, Ciamis, dan Pangandaran.

Baca Juga: Mulai 1 Januari 2024, Rokok Elektrik Akan Dikenakan Pajak oleh Pemerintah

"Kami ingin memastikan infrastruktur yang telah dibangun bermanfaat untuk penduduk Priangan Timur," tutur Budi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x