Spesifikasi Tol Akses Patimban yang Mulai Dibangun PUPR Terhubung Jalan Pantura dan Tol Cipali

- 12 November 2023, 10:00 WIB
Pelabuhan Patimban
Pelabuhan Patimban //Foto Prokompim Subang/

PRFMNEWS – Kementerian PUPR memulai pembangunan Jalan Tol Akses Patimban Paket 1-3 dalam rangka meningkatkan konektivitas dan arus logistik menuju ke pelabuhan yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar) tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dimulainya pembangunan Jalan Tol Akses Patimban Paket 1-3 ini ditandai dengan penandatanganan kontrak bersama badan usaha jalan tol (BUJT) di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat 10 November 2023.

Terkait spesifikasi, Menteri PUPR menjelaskan, Jalan Tol Akses Patimban memiliki total panjang 37,05 km. BUJT berperan membangun sepanjang 14,11 km, sedangkan Pemerintah sepanjang 22,94 km.

Baca Juga: Bapak dan Anak di Karawang Jadi Pelaku Dukun Palsu Pengganda Uang dan Pembunuhan

Adapun pembangunan porsi Pemerintah terdiri atas empat paket pekerjaan, yaitu Paket 1 sepanjang 7,69 km, Paket 2 sepanjang 6,2 km, Paket 3 sepanjang 5,5 km, dan Paket 4 sepanjang 3,55 km.

Calon jalan tol baru di Jabar ini akan menghubungkan Pelabuhan Patimban yang terkoneksi dengan Jalan Pantura dan Jalan Tol Trans Jawa ruas Cikopo-Palimanan (Cipali).

Jalan tol ini dapat meningkatkan aktivitas ekspor yang bersumber dari kawasan industri di sekitar Cikarang-Cibitung-Karawang, serta akan mendukung pengembangan wilayah di Kabupaten Subang dan sekitarnya.

Jalan Tol Akses Patimban dibangun sebanyak empat lajur dua arah dengan lebar masing-masing lajur 3,6 meter. Dengan spesifikasi tersebut, kapasitas jalan tol ini direncanakan dapat menampung 100.000 kendaraan berat per hari.

Baca Juga: Dimana PLTS Terapung Terbesar di Asia Tenggara? Ternyata di Indonesia, Ini Lokasinya

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah