Airlangga Hartarto: Syarat Indonesia Jadi Negara Maju, Gaji Pekerja Minimal Harus Rp10 Juta per Bulan

- 15 Oktober 2023, 15:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Keterangan Pers di Istana Merdeka Kamis, 17 Juli 2023.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Keterangan Pers di Istana Merdeka Kamis, 17 Juli 2023. /Dok Kemenko Perekonomian

PRFMNEWS - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyebutkan bahwa gaji pekerja Indonesia harus mencapai Rp 10 juta per bulan sebagai syarat Indonesia naik kelas menjadi negara maju dengan penghasilan tinggi pada 2045.

Namun, sebelum itu Indonesia harus melewati status negara penghasilan menengah di 2030 dengan target pendapatan per kapitanya di atas 10 ribu dolar Amerika Serikat.

"Artinya apa, kita harus mencari pekerjaan yang pendapatan per kapitanya sekitar 10 ribu dolar AS atau Rp150 juta. Berarti, minimum pendapatan kita itu sekitar Rp10 juta per bulan. Ini yang harus dicari sektor industri apa yang bisa membayar gaji di Rp10 juta," kata Airlangga.

Baca Juga: Polisi Ringkus Pria Paruh Baya yang Cabuli 10 Bocah Dekat Musala di Bogor

Namun, saat ini Indonesia pada saat ini masih termasuk ke dalam negara berpenghasilan menengah atau middle income. Bumi Pertiwi pun bisa naik tingkat menjadi negara maju asalkan pendapatan per kapitanya di atas 10.000 dolar AS (Rp157 juta).

Airlangga Hartarto pun percaya diri Indonesia bisa keluar dari tingkat negara berpenghasilan menengah. Hal itu terlihat dari kemampuan Indonesia menjaga pertumbuhan ekonomi di tengah permasalahan global, yakni di atas 5 persen dalam tujuh semester berturut-turut dengan tingkat inflasi yang rendah.

Pada Juli 2023 Indonesia kembali masuk dalam klasifikasi negara upper middle income dengan GNI per kapita 4.580 per dolar AS atau naik 9,8 persen di 2021 sebesar 4.170 per dolar AS.

Baca Juga: Bandara Husein Masih Buka Layanan Penerbangan Per 29 Oktober, Ini Maskapai, Rute, Harga Tiketnya

Airlangga memprediksi pertumbuhan ekonomi pada 2024 antara lima persen sampai 5,5 persen, sehingga pertumbuhan pendapatan per kapita bisa mencapai 5.500 per dolar AS.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x