Tim Gabungan Diturunkan untuk Antisipasi Kebakaran Makin Meluas di Puncak Gunung Gede

- 19 September 2023, 12:30 WIB
Alun-alun Barat Gunung Gede Suryakencana mengalami kebakaran pada Senin, 18 September 2023.
Alun-alun Barat Gunung Gede Suryakencana mengalami kebakaran pada Senin, 18 September 2023. /Pikiran Rakyat/Muhammad Ginanjar/

PRFMNEWS - Kebakaran terjadi di puncak Gunung Gede, sejak kemarin, Senin 18 Agustus 2023. Tepatnya di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bagian barat Alun-alun Suryakencana.

Titik api terpantau CCTV sekitar pukul 12.49 WIB, Senin 18 September 2023. Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Sapto Adji Prabowo menjelaskan, CCTV yang terkoneksi ke handphone miliknya menangkap adanya gerakan asap. Asap muncul pertama kali tertangkap sensor CCTV di padang savana Alun-alun Suryakencana, puncak Gunung Gede.

Dia menjelaskan, Surken biasanya dijadikan tempat untuk membangun tenda dan tempat istirahat pendaki sebelum sampai puncak Gunung Gede, namun saat terlihat ada kebakaran lokasi sepi dari pendaki dan belum ada yang mendirikan tenda.

Baca Juga: Wisata Bromo Dibuka Lagi Mulai Hari ini, Ini Link dan Syarat Reschedule Bagi Masyarakat yang Sudah Beli Tiket

Pihaknya belum tahu pasti penyebab terbakar padang savana di Surken, namun dugaan sementara akibat cuaca panas yang terik pada siang hari membuat percikan api yang dengan cepat membakar rumput di Surken yang sebagian besar mengering.

“Kami masih mencari tahu penyebab kebakaran di Surken apakah dari cuaca atau ada faktor lain, namun dipastikan pendaki belum ada yang melakukan pendakian,” katanya.

Namun, kata dia, untuk memastikan kejadian dan segera melakukan pemadaman api, pihaknya mengirim petugas dibantu tim gabungan serta relawan ke lokasi karena dikhawatirkan dapat menjalar ke Taman Edelweis atau bunga abadi yang berjarak 150 meter dari lahan yang terbakar.

Baca Juga: Salah Satu SMP di Sumedang Tegas Larang Siswanya Bawa HP ke Sekolah

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah