Harga Eceran Tertinggi Gas Elpiji 3 Kg di Garut Naik!

- 26 Maret 2023, 12:10 WIB
Ilustrasi Gas LPG 3 Kg
Ilustrasi Gas LPG 3 Kg /Antara/Mohamad Hamzah/

PRFMNEWS - Harga Eceran Tertinggi (HET) gas Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 Kilogram di Kabupaten Garut mengalami kenaikan.

Adapun HET gas elpiji 3 Kg yang asalnya Rp16.500 kini naik menjadi Rp19.500. Hal ini berdasarkan Keputusan Bupati Garut Nomor: 100.3.32/KEP.109-DP2ESDM/2023.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Garut, Nia Gania Karyana menyebut, kenaikan HET tabung gas 3 Kg di pangkalan sudah terjadi sejak dua pekan lalu.

Baca Juga: Pemerintah Lakukan Pendataan Pada Pengguna LPG 3 Kg, Ini yang Harus Disiapkan

Ia memahami hal ini tentu berdampak terhadap kemampuan daya beli masyarakat.

"Saran, rekomendasi, dan kritikan telah kami terima, dan kami menyadari betul apalagi menghadapi di bulan Ramadan ini tentu terkait dengan daya beli masyarakat boleh dikatakan sangat memberatkan, ditambah harga pokok yang lain juga naik," kata Nia, Rabu 22 Maret 2023 dikutip dari laman resmi Pemkab Garut.

Terkait alasan kenaikan harga gas LPG 3 Kg, Nia menuturkan, kenaikan ini tidak terjadi secara spontan. Sebenarnya, sudah sejak 2 tahun lalu, Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) telah mengajukan permohonan kenaikan harga kepada Pemkab Garut melalui Disperindag ESDM Garut.

Baca Juga: Keberhasilan Polresta Bandung Ungkap Kasus Pengoplosan LPG Berbuah Penghargaan dari Pertamina

Namun pada saat itu, Pemkab Garut menolak karena situasi ekonomi di Kabupaten Garut tidak sebaik saat ini.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x