8 Upaya Pemprov Cegah Kasus Flu Burung Varian Baru di Jabar, Salah satunya Terapkan 3 Cepat

- 2 Maret 2023, 12:10 WIB
Ilustrasi flu burung, Pemprov Jabar siapkan langkah pencegahan.
Ilustrasi flu burung, Pemprov Jabar siapkan langkah pencegahan. /Reuters

PRFMNEWS – Pemerintah Provinsi memastikan sudah melakukan upaya pencegahan kasus flu burung H5N1 varian baru 2.3.4.4b di Jawa Barat seperti yang tengah merebak di beberapa negara Eropa, Amerika, dan Kamboja (Asia).

Sejumlah upaya pencegahan infeksi flu burung varian baru 2.3.4.4b ke manusia ini dilakukan pemprov meski virus H5N1 varian tersebut belum ditemukan di Jabar.

Saat ini, pemprov menyebut kasus flu burung (Avian Influenza/AI) memang sudah terdeteksi di wilayah Jabar yakni Kota Cirebon dan Kota Cimahi, namun itu adalah varian H5N1 biasa yang relatif belum berbahaya.

Baca Juga: PKL Masjid Raya Al Jabbar akan Ditata ke Pasar Bazar, Gratis atau Sewa Lapak? Ini Kata Ridwan Kamil

Adapun langkah-langkah mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) flu burung varian baru ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar Arifin Soedjayana.

Upaya ini, kata Arifin, sebagai bentuk kewaspadaan yang ditujukan kepada jajaran kesehatan hewan, peternak unggas, maupun masyarakat untuk mengantisipasi kasus flu burung varian terbaru.

Selain itu, Arifin menuturkan upaya ini dilakukan juga untuk menghindarkan kerugian ekonomi akibat kematian massal unggas.

Kemudian memastikan kebutuhan daging unggas masyarakat cukup, serta menghindarkan penularan virus flu burung baru dari unggas ke manusia (zoonosis).

Baca Juga: Pemerintah Kota Bandung Dapat Penghargaan Adipura untuk Dua Kategori Ini

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x