GACA Saudi Setujui Bandara Kertajati Digunakan untuk Musim Haji 1444 H

- 2 Maret 2023, 09:15 WIB
Papan Informasi menjelang musim haji di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.
Papan Informasi menjelang musim haji di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. /Rizky Perdana/PRFMNEWS

PRFMNEWS - Baru-baru ini diketahui bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikabarkan melakukan kunjungan kerjanya dan bertemu dengan beberapa pihak di Mekkah, Jeddah dan Riyadh untuk mengusahakan agar maskapai Saudi Airlines bisa melakukan penerbangan umroh melalui Kertajati.

Pihak General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi mengatakan bahwa Bandara Kertajati (KJT) di Majalengka, Jawa Barat sudah dapat digunakan untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji 1444 H/2023 M.

Kepastian juga ditegaskan oleh Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam setelah menerima surat elektronik dari pihak GACA Arab Saudi.

Baca Juga: Ridwan Kamil dan Dadang Supriatna Akhirnya Bertemu untuk Bahas Usulan Pembangunan Flyover Bojongsoang

"Alhamdulillah, setelah melalui proses komunikasi intensif, Bandara Kertajati dipastikan bisa digunakan mulai tahun ini untuk pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji," terang Nasrullah Jasam di Jeddah, seperti dikutip PRFMNEWS dari laman resmi Kemenag.

Nasrullah mengatakan, GACA Saudi telah memberikan konfirmasi tentang persetujuan penggunaan Bandara Kertajati. Nantinya, bandara baru ini akan mengoperasikan sekitar 21 penerbangan sampai 23 penerbangan.

"GACA mengizinkan kurang lebih 7.000 sampai 8.000 jemaah haji berangkat dari dan pulang melalui Bandara Kertajati pada musim haji 1444 H/2023 M. Mereka akan terbagi dalam 21 sampai 23 penerbangan," paparnya.

Baca Juga: Kondisi Terkini David Ozora Usai Dianiaya Mario Dandy Diungkap Ayahnya

"GACA juga sudah mengirimkan surat terkait hal ini kepada Kementerian Haji dan Umrah Saudi per 1 Maret 2023," sambungnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x