Pembangunan Masjid Raya Al Jabbar Rumit, Butuh Riset, Imajinasi, Teknik dan Material Baru

- 30 Desember 2022, 15:30 WIB
Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage Kota Bandung, Jumat 30 Desember 2022.
Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage Kota Bandung, Jumat 30 Desember 2022. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Masjid Raya Al Jabbar resmi menjadi masjid Provinsi Jawa Barat (Jabar) usai diresmikan Gubernur Ridwan Kamil yang juga sebagai arsitek bangunan ibadah tersebut.

Masjid Raya Al Jabbar dengan desain arsitektur megah karya Ridwan Kamil ini menjadi ikon baru dan kebanggaan bagi warga Jabar khususnya Gedebage, Kota Bandung.

Arsitektur megah hasil rancangan Ridwan Kamil yang kini terwujud dalam bentuk bangunan Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage Bandung ini nyatanya tercipta tak semudah membalikkan telapak tangan.

Baca Juga: Norma Risma Sebut Ibunya Belum Pernah Minta Maaf Atas Perselingkuhan Ibu dan Menantu

Bahkan, sang arsitek, Ridwan Kamil mengakui bahwa mendesain konsep detail bangunan Masjid Raya Al Jabbar terbilang sangat sulit, rumit, dan sulit terwujud.

Ridwan Kamil menyatakan untuk membuat konsep arsitektur maha karya Masjid Raya Al Jabbar, dirinya harus berimajinasi, berkontemplasi, hingga melakukan riset khusus.

Gubernur Jabar itu memaparkan, imajinasinya itu dituangkan dalam bentuk sketsa dan menjadi dasar arsitek serta kontraktor untuk membangun masjid berkonsep terapung tersebut.

Baca Juga: Ferdy Sambo Gugat Kapolri dan Presiden Atas Pemecatannya dari Polri

"Hidup kita kan berimajinasi. Kita melihat masa lalu sebagai cermin, kita bertindak hari ini, kemudian kita mendesain masa depan," ungkapnya.

Kang Emil menceritakan, dalam merancang desain Masjid Raya Al Jabbar, ia juga harus melakukan riset untuk memperkaya imajinasinya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x