BNPB: 2 Warga Meninggal Pascagempa Cianjur-Sukabumi Hari Ini

- 21 November 2022, 15:16 WIB
Ilustrasi gempa bumi Cianjur-Sukabumi hari ini
Ilustrasi gempa bumi Cianjur-Sukabumi hari ini /Pixabay

PRFMNEWS - Gempa bumi berkekuatan M 5.6 yang berpusat di Sukalarang, perbatasan Sukabumi dan Cianjur dirasakan hingga Bandung dan Jakarta, pada Senin 2 November 2022 pukul 13.21 WIB.

Berdasarkan laporan yang diterima Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tercatat dua warga meninggal dunia dan sejumlah rumah rusak akibat guncangan gempa yang berada di darat dengan kedalaman 11 km.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur melaporkan, selain adanya korban meninggal dunia, empat warganya mengalami luka-luka. Tim Reaksi Cepat BPBD setempat masih melakukan pendataan di wilayah. Data sementara per pukul 14.11 WIB, rumah rusak berat sebanyak 7 unit.

Baca Juga: UPDATE Gempa Cianjur, BMKG Sebut Titik Koordinat Ada di Sukalarang Sukabumi

Di samping bangunan rumah, Pusdalops BNPB mendapatkan laporan pondok pesantren rusak berat 1 unit dan RSUD Cianjur rusak sedang 1. Kerusakan fasilitas publik yang masih diidentifikasi tingkat kerusakan, antara lain gedung pemerintah 2 unit, fasilitas Pendidikan 3, tempat ibadah 1.

BPBD Kota Sukabumi menginformasikan warganya merasakan guncangan cukup kuat selama 7 – 10 detik. Tampak masyarakat panik hingga keluar rumah. Saat ini pihak BPBD masih melakukan pemantauan di daerahnya.

Sedangkan di wilayah Kabupaten Sukabumi, BPBD setempat juga menyampaikan adanya guncangan kuat selama 5-7 detik. Sebagian warga pun panik.

Baca Juga: Ini Titik Lokasi Gempa Cianjur Kekuatan M 5.6 yang Terasa Kuat Hingga Bandung

Pusdalops BNPB juga mendapatkan laporan lain adanya warga yang merasakan guncangan, seperti di DKI Jakarta, Kota Bekasi, Kota Bogor dan Kabupaten Garut. Warga di sejumlah wilayah tersebut merasakan guncangan gempa dengan intensitas lemah hingga kuat.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x