Kawasan Wisata di KBB Kembali Buka, Pengelola Bakal Lakukan Buka Tutup

- 13 Juni 2020, 11:26 WIB
PENAMPAKAN baru Curug Malela di Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.*
PENAMPAKAN baru Curug Malela di Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.* /SARAH NURUL FATHIA/PR

BANDUNG, (PRFM) - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) membuka kembali kawasan wisata mulai hari ini, Sabtu (13/6/2020).

Kendati demikian, pembukaan kembali kawasan wisata menjadi situasi mendebarkan bagi Gugus Tugas Penanganan Virus Corona (Covid-19) KBB.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, Sri Dustirawati mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempertahankan status KBB yang masih tergolong zona biru Covid-19.

Baca Juga: Warga Temukan Anak Berkebutuhan Khusus, Kerap Berpindah untuk Cari Tempat Tidur

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Bandung Raya Hari ini, 13 Juni 2020

 

Untuk itu, Pemerintah KBB bersama para pengelola tempat wisata menyepakati jumlah pengunjung hanya 30 persen dari daya tampung maksimal.

“Untuk itu calon wisatawan sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu agar saat datang ke tempat wisata tidak diminta putar balik karena jumlah pengunjung lebih dari 30 persen,” ujarnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Sabtu (13/6/2020).

Sebagai salah satu upaya penegasan jumlah maksimal pengunjung, Sri menyatakan pengelola tempat wisata bakal menerapkan sistem buka tutup gerbang.

“Jadi ketika jumlah pengunjung sudah 30 persen dari daya tampung maksimal, pengelola tempat wisata akan tutup gerbang masuk dan akan dibuka kembali jika wisatawan yang ada di dalam tempat wisata akan keluar,” jelasnya.

Baca Juga: PSBB di Kota Bandung Diperpanjang, Tempat Hiburan Malam Belum Boleh Beroperasi

Baca Juga: Lokasi SIM Keliling Kota Bandung, Sabtu 13 Juni 2020

Sementara untuk hotel, restoran dan cafe, jumlah maksimal pengunjung dilonggarkan hingga 50 persen.

“Bagi hotel dan cafe, jumlah pengunjung boleh 50 persen dari daya tambung maksimal. Kami sudah membuat aturan ketat bersama pengelola tempat wisata, hotel, dan cafe di KBB, Mohon wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan agar bersama-sama cegah potensi penyebaran Covid-19,” pungkas Sri.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x