4 Arahan Tegas Ridwan Kamil kepada Kepala Daerah di Jabar untuk Antisipasi Penyebaran Covid-19

- 22 Februari 2022, 08:45 WIB
Kasus Omicron Melonjak, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah di Jabar Tingkatkan Kapasitas Tempat Tidur di RS
Kasus Omicron Melonjak, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah di Jabar Tingkatkan Kapasitas Tempat Tidur di RS /Humas Jabar/

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memberikan empat arahan tegas kepada bupati dan wali kota di Jawa Barat untuk mengantisipasi tingginya penyebaran kasus Covid-19, khususnya varian omicron.

Empat arahan tegas Ridwan Kamil kepada seluruh kepala daerah di 27 kabupaten/kota di Jabar diberikan menyusul Indonesia kini sudah memasuki gelombang ketiga Covid-19.

Arahan pertama, Ridwan Kamil meminta tiap kepala daerah kembali meningkatkan kapasitas tempat tidur rumah sakit (BOR) seperti saat puncak virus Covid-19 varian Delta.

"Saya minta perhitungan BOR menggunakan kapasitas maksimal seperti saat Delta menjadi puncaknya. Memang di awal tahun karena Delta turun, kapasitas rumah sakit juga turun," ucapnya, dikutip prfmnews.id dari laman resmi Pemprov Jabar hari ini Selasa, 22 Februari 2022.

Baca Juga: Telan Dana Rp14 Miliar, Pantai Sayang Heulang Garut Makin Instagramable Punya Banyak Fasilitas Baru

Kedua, ia meminta seluruh pemda di 27 kabupaten/kota agar menegakkan protokol kesehatan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi)

"Arahan Presiden prokes paling utama adalah pakai masker. Arahan Pak Luhut ekonomi kita buka dengan bijak tapi urusan masker lebih ditingkatkan. Jadi saya titip paling fundamental meningkatkan kedisiplinan masker," katanya.

Ketiga, penerapan tes (testing), telusur (tracing), dan tindak lanjut (treatment) harus terus dilakukan oleh pemerintah daerah. Dengan kombinasi ini, Ridwan Kamil meyakini virus Covid-19 varian Omicron bisa teratasi.

Baca Juga: Ria Ricis Kaget dan Menangis Saat Mengetahui Usia Raditya Dika Saat ini

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x