Pilih Rute Dipatiukur-Jatinangor, Bus Scania Ditujukan Khusus Bagi Para Pelajar

- 11 Maret 2020, 13:24 WIB
Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat bersama DAMRI meluncurkan satu unit Bus Scania Ramah Lansia, Difabel, dan Lingkungan, untuk melayani rute Dipatiukur-Jatinangor.  Peluncurannya sendiri digelar hari ini dan disaksikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat bersama DAMRI meluncurkan satu unit Bus Scania Ramah Lansia, Difabel, dan Lingkungan, untuk melayani rute Dipatiukur-Jatinangor. Peluncurannya sendiri digelar hari ini dan disaksikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. //Tommy Riyadi-PRFM

BANDUNG, (PRFM) – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat, Heri Antasari menyebut adanya satu unit Bus Scania Ramah Lansia, Difabel dan Lingkungan dengan trayek Dipatiukur-Jatinangor ditujukan khusus bagi pelajar. Pasalnya, jalur tersebut dikatakan Heri sebagai jalur yang banyak dilalui oleh para pelajar.

Diketahui, sebelum ditetapkan rute tersebut, jalur Ciburuy-Kota Bandung pun masuk dalam perencanaan. Hanya saja, lanjut Heri, setelah adanya pertimbangan pemerintah memutuskan untuk memilih rute yang sudah ada sebelumnya, yakni Dipatiukur-Jatinangor.

“Dimana pelajar beraktivitas banyak itu di jalur ini. Ketiga, dianggap yang menjadi representatif mewakili AKDP untuk karakter angkutan umum itu jalur ini. Kita harus mengintegritas dengan Damri,” ungkapnya kepada wartawan usai acara Launching Bus Scania Ramah Lansia, Difabel, dan Lingkungan di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Rabu (11/3/2020).

Rute Bus Scania
Rute Bus Scania /TOMMY RIYADI-PRFM

Heri menyebut, bukan tidak mungkin adanya penambahan rute dan armada Bus Scania. Untuk diketahui, satu unit bus jenis ini dibanderol dengan harga 3 miliar rupiah.

Baca Juga: Bus Ramah Lingkungan Diluncurkan, Ini Pesan Ridwan Kamil

“Kalau ini sendiri 3 miliar tapi plus minus, dalam artian tergantung permintaan kita. Scania ini kan program yang mengusulkan menginisiasi uji coba jadi nanti kalau sudah dianggarkan ada lelang, siapapun yang menawarkan teknologi terbaik ya kita akan pilih sesuai dengan ini,” kata Heri.

Ia mengaku, prioritas utama pihaknya dalam pengadaan bus Scania ini adalah kawasan metropolitan di Jawa Barat. Di antaranya, Bandung Raya, Bogor Depok Bekasi (Bodebek) dan Cirebon Raya.

“Yang kita sudah analisa itu metropolitan ya, ada tiga metropolitan di Jawa Barat, Bandung Raya, Bodebek dan Cirebon Raya. Trayek yang ada akses pergerakan angkutan umum yang ada di tiga metrolpolitian itu yang kita prioritas,” pungkasnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah