Bus Ramah Lingkungan Diluncurkan, Ini Pesan Ridwan Kamil

- 11 Maret 2020, 12:56 WIB
Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat bersama DAMRI meluncurkan satu unit Bus Scania Ramah Lansia, Difabel, dan Lingkungan, untuk melayani rute Dipatiukur-Jatinangor.  Peluncurannya sendiri digelar hari ini dan disaksikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat bersama DAMRI meluncurkan satu unit Bus Scania Ramah Lansia, Difabel, dan Lingkungan, untuk melayani rute Dipatiukur-Jatinangor. Peluncurannya sendiri digelar hari ini dan disaksikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. //TOMMY RIYADI-PRFM

BANDUNG (PRFM) - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat bersama DAMRI meluncurkan satu unit Bus Scania Ramah Lansia, Difabel, dan Lingkungan, untuk melayani rute Dipatiukur-Jatinangor.  Peluncurannya sendiri digelar hari ini dan disaksikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Usai melakukan uji coba dengan menjadi penumpang bus tersebut, Emil mengatakan transportasi umum harus menjadi pilihan masyarakat Jawa Barat di masa mendatang. Pihaknya terus melakukan upaya menyediakan tipe transportasi umum yang memiliki universal design, yaitu nyaman bagi semua golongan.

“Kita ingin agar tipe transportasi di sini harus memiliki universal desain yaitu nyaman untuk semua golongan antara lain dari kaum disabilitas atau difabel kemudian ada golongan anak-anak lansia perempuan ibu hamil dan lain sebagainya,” kata Emil usai acara Launching Bus Scania Ramah Lansia, Difabel, dan Lingkungan di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Rabu (11/3/2020).

Baca Juga: Gempa Sukabumi, Ridwan Kamil Minta Warga Siaga Gempa Susulan

Untuk tahap awal, lanjut Emil, Dishub Jabar melakukan uji coba pada rute Dipatiukur-Jatinangor, untuk mengetahui seperti apa respon dari masyarakat. Jika ujicoba ini dinilai berhasil, maka pihaknya akan menganggarkan kembali pengadaan unit bus tersebut pada tahun 2021 mendatang.

Rute Bus Scania
Rute Bus Scania /TOMMY RIYADI-PRFM

“Nah kita uji coba dulu rutenya ke Jatinangor, kemudian nanti kita anggarkan di 2021 baik hibah dari Provinsi kepada metropolitan yang memang biasa menggunakan yaitu Bandung Raya, Bodebek dan area Cirebon Raya. Sampai suatu hari akhirnya semua bis itu mengalami proses upgrading dengan kemudahan seperti ini. Mungkin kita bisa membeli dari 5 sampai 20 dari anggaran provinsi nanti kita liat dari anggaran kota kabupaten seperti apa,” ujarnya.

Terkait kebutuhan transportasi di Jawa Barat di masa mendatang, Emil menjelaskan bahwa Pemprov Jabar akan mengikuti rencana Pemerintah Pusat yaitu penguatan moda transportasi massa berbasis kereta di Kawasan Metropolitan. Pusat sendiri bakal memberikan dukungan dana dari APBN untuk realisasi program tersebut.

“Saya titip ke Kadishub untuk disambut dukungan APBN itu, sehingga harus ada jalur pertama yang disiapkan agar masyarakat bisa beralih ke transportasi berbasis rel, ini akan melengkapi rute pertama yang dilakukan dari kereta api cepat cepat Tegalluar menuju stasiun ke Kebon Kawung,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x