Yuk Segera Lakukan Sensus Penduduk Online, Ini Loh Caranya

- 16 Februari 2020, 10:59 WIB
ILUSTRASI sensus penduduk 2020
ILUSTRASI sensus penduduk 2020 /Instagram.com/@sensuspenduduk2020

BANDUNG, (PRFM) - Badan Pusat Statistik (BPS) mulai hari ini Sabtu 15 Februari 2020 kemarin secara resmi dan serentak menggelar Sensus Penduduk (SP) 2020 Online. Kabid Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, Gandari Adyanti mengatakan sensus penduduk online ini akan digelar hingga 31 Maret 2020 nanti.

Masyarakat Jawa Barat pun bisa langsung mengakses laman www.bps.go.id untuk melakukan sensus penduduk online dengan menyiapkan beberapa berkas.

"Siapkan nomor NIK dan KK, buat password hanya satu keluarga itu yang tahu. Kemudian mengisi data dengan sejujur-jujurnya. Jadi data ini penting untuk pembangunan," katanya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Minggu (16/2/2020).

Dalam SP Online akan ada 21 penanyaan dasar seperti nama lengkap. alamat, pekerjaan. pendidikan dan perumahan kemudian masyarakat dapat mengirimkannya dan mencetak (unduh) bukti panisipasi dalam SP Online.

Gandari menambahkan sensus penduduk 2020 ini akan dilakukan dengan dua metode. Selain metode online yang akan berakhir pada 31 Maret nanti, BPS Jabar juga akan melalukan sensus penduduk wawancara pada Juli 2020. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi warga yang belum berpartisipasi melakukan sensus penduduk online dan juga membantu warga di daerah tepencil.

" Pada Juli khusus bagi penduduk yang tidak memberikan data online. Akan kami kunjungi. Kami sudah sosialisasi mulai dari sekolah hingga SKPD," tuturnya.

 

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x