Minggu Malam Kemarin Garut dan Tasikmalaya Diguncang Gempa

- 27 September 2021, 07:11 WIB
ILUSTRASI gempa. Gempa guncang Garut dan Tasikmalaya pada Minggu malam kemarin
ILUSTRASI gempa. Gempa guncang Garut dan Tasikmalaya pada Minggu malam kemarin /PRFM/.*/PRFM

PRFMNEWS - Minggu, 26 September 2021 malam kemarin, wilayah Garut dan Tasikmalaya Jawa Barat diguncang gempabumi tektonik.

Dalam keterangannya, BMKG menyebutkan Minggu malam kemarin Garut dan Tasikmalaya diguncang gempa tektonik dengan kekuatan magnitudo 3,9.

Gempa yang guncang Garut dan Tasikmalaya pada Minggu malam kemarin berpusat pada koordinat 8.1 LS dan 107.89 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km Barat Daya Pangandara pada kedalaman 21 kilometer.

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Sementara Liga Inggris: Arsenal Mulai Masuk 10 Besar

Disebutkan BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Pensesaran di laut pada bagian dalam dari lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cikajang, Cisurupan dan Darajat Kabupaten Garut dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca Juga: Indonesia Menang Mudah 5-0 Atas Rusia di Laga Perdana Sudirman Cup 2021

Sementara wilayah di Tasikmalaya yang merasakan gempabumi adalah Manonjaya, Karangnunggal, Salawu, dan Cikalong dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Baca Juga: Apotek di Kota Bandung Diminta Sediakan Ruang untuk Tampilkan Produk UMKM

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x