Proyek BRT Bandung Raya Ditargetkan Mulai Dibangun Tahun 2022

- 28 April 2021, 16:53 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari.
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari. /HUMAS KOTA BANDUNG

PRFMNEWS - Rencana pembangunan Bus Rapid Transit (BRT) yang sempat mengemuka beberapa tahun lalu, nampaknya mulai segera direalisasikan Pemerintah. Megaproyek yang dikerjakan sebagai upaya mengurangi masalah transportasi di Bandung Raya ini ditargetkan mulai dikerjakan pada tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari mengungkapkan, proyek pembuatan BRT ini menjadi salah satu upaya untuk mengurangi masalah transportasi di kawasan Bandung Raya. Saat ini persoalannya semakin pelik mengingat mobilitas masyarakat yang semakin meningkat antar kota kabupaten di Bandung Raya.

"Program pengembangan BRT ini kita laporkan kepada pak Walikota. Mudah-mudahan 2022 dan 2023 ada tambahan BRT di Bandung. Ini inisiasi pusat, kami diamanatkan mengawal dengan ketat," ungkap Hery di Pendopo kota Bandung, Rabu 28 April 2021.

Selain berkaitan dengan BRT, Hery menuturkan, pemerintah pusat juga akan menerapkan skema Buy The Service (BTS), atau sistem jasa layanan angkutan melalui pihak ketiga, dengan tujuan utama menguatkan konektivitas antar daerah.

Baca Juga: Jadi Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia Singgung Pemerataan Ekonomi Jawa-Luar Jawa dan UU Cipta Kerja

Hery menyebutkan, seluruh skema BTS ditangani oleh pemerintah pusat. Sementara pemerintah daerah hadir sebagai penerima manfaat saja.

"Ini berbasiskan bis sama, tetapi program pemerintah pusat dengan skema buy the service. Ini juga melelangkan program penyediaan prasarana bis untuk beberapa trayek. Ada lima trayek yang meliputi Bandung Raya, tapi sebagian besar ada di Kota Bandung," bebernya.

Selain itu, Hery memaparkan, Pemerintah Provinsi juga sudah menyiapkan proyek perkeretaapian Bandung Raya. Saat ini, Pemprov tengah mengejar prastudi kelayakan atau final business case. Dengan harapan bisa segera melaksanakan lelang investasi untuk Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Baca Juga: Nadiem Makarim Didaulat Pimpin Kemendikbudristek: Riset dan Teknologi Sangat Dekat di Hati Saya

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x