Nasib Guru PPPK 2020 Belum Jelas, PGRI: Mereka Belum Terima SK, Apalagi Gaji

- 5 Januari 2021, 19:15 WIB
Ilustrasi pendidikan. HUT, Perguruan tinggi di Tiongkok  Mengadakan program Bahasa Indonesia.
Ilustrasi pendidikan. HUT, Perguruan tinggi di Tiongkok Mengadakan program Bahasa Indonesia. /Dok PRFM.

 

PRFMNEWS - Ketua Persatuan Guru Republik Jawa Barat (PGRI) Jawa Barat, Dede Amar meminta Mendikbud Nadiem Makarim membereskan permasalahan guru PPPK tahun 2020 yang hingga sekarang belum jelas nasibnya.

Dede mengatakan, saat ini banyak guru yang lolos seleksi PPPK pada tahun lalu, tapi hingga detik ini belum mendapatkan Surat Keputusan (SK). Sehingga status mereka belum jelas, bahkan honornya pun belum cair selama setahun.

"Setahun lalu ada seleksi PPPK, bahkan sudah ada yang lulus, nah sampai saat ini belum tuntas, apakah yang lulus PPPK ini menerima SK? kan belum, apalagi honor gurunya, apalagi gajinya," ujar Dede saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Selasa 5 Januari 2021.

Baca Juga: Formasi Mencapai 1 Juta, Ini Perbedaan Seleksi Guru PPPK 2021 Dibandingkan Tahun Sebelumnya

Baca Juga: Tenang, Mendikbud Nadiem Pastikan CPNS untuk Guru Akan Tetap Ada

Padahal menurut Dede, Jawa Barat saat ini sedang darurat guru PNS, baik dari tingkat pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK. Selama ini kekosongan itu dibantu oleh guru honorer.

Ia sebenarnya menyambut baik rencana Mendikbud membuka formasi satu juta guru PPPK tahun 2021. Namun ia menegaskan seharusnya membereskan masalah PPPK tahun 2020 lebih dahulu.

"Lalu muncul lagi mas menteri akan diangkat satu juta guru honor, kami bahagia, tapi tolong satu persatu selesaikan. Jadi PPPK yang kemarin udah lulus diselesaikan dulu, baru yang PPPK 2021," tambahnya.

Baca Juga: Guru Tidak Masuk Formasi CPNS 2021, Ini Respon PGRI

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x