Krisis Air Melanda Gaza, DT Peduli Distribusikan 486.000 Liter Air Bersih

- 16 November 2023, 11:07 WIB
Distribusi bantuan air bersih untuk Gaza oleh DT Peduli
Distribusi bantuan air bersih untuk Gaza oleh DT Peduli /DT PEduli/

PRFMNEWS - Krisis air bersih masih melanda Jalur Gaza hingga saat ini. Jika sebelum peperangan saja air bersih sudah menjadi barang yang sangat langka, apalagi setelah peperangan berlangsung.

Dikutip Al-Jazeera, 4 November lalu, Israel menghancurkan reservoir air di Gaza utara serta tangki air umum yang memasok beberapa lingkungan di selatan.

Akibatnya, banyak warga terpaksa meminum air yang tercemar, asin, hingga mengantre berjam-jam dengan harapan mendapatkan air bersih. Kondisi diperparah dengan ketiadaan pasokan listrik, bahan bakar, dan pangan.

Baca Juga: Kelaparan Mengancam Pengungsi, DT Peduli Bagikan Makanan siap Santap di Gaza

Mengetahui kondisi tersebut, DT Peduli kembali menyalurkan bantuan air bersih. Sebanyak 486.000 liter air bersih disalurkan kepada 486 KK di Al Nazla dan Beit Lahia pada Ahad, 12 November 2023.

Project Manager DT Peduli Ready (Rescue Education and Disaster Recovery), Andri Adi, menyebutkan bantuan air bersih ini sangat dibutuhkan oleh warga saat ini.

Meskipun hujan mulai turun, namun kebutuhan air bersih masih belum terpenuhi sepenuhnya. Rakyat Gaza masih berada di bawah ancaman kelaparan, dehidrasi, dan gangguan kesehatan akut.

“Israel membatasi kiriman air bersih, menutup semua keran air, dan menghancurkan beberapa sumur. Inilah yang membuat warga sangat kesulitan mendapatkan air bersih untuk minum, memasak, maupun untuk bersih-bersih,” kata Andri.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x