Krisis Air Minum di Gaza, DT Peduli Salurkan Seratus Ribu Liter Air Bersih

- 17 Oktober 2023, 19:41 WIB
DT Peduli salurkan air bersih di Jalur Gaza, Palestina
DT Peduli salurkan air bersih di Jalur Gaza, Palestina /

PRFMNEWS – Krisis kemanusiaan di Gaza, Palestina semakin mengkhawatirkan akhir-akhir ini. Sejak meningkatnya kekerasan di Jalur Gaza pada Sabtu 7 Oktober 2023 lalu, kondisi warga sipil di Gaza semakin terpuruk.

Dilansir Palestinian Ministry of Health, hingga Senin 16 Oktober 2023, jumlah korban meninggal dunia sudah mencapai 2.778 jiwa dan 9.938 lainnya luka-luka. Dan hingga saat ini, lebih dari satu juta jiwa bertahan di Gaza tanpa ketersediaan pangan, air, obat-obatan, dan tempat tinggal yang cukup.

DT Peduli kembali menyalurkan amanah rakyat Indonesia untuk para terdampak peperangan di Gaza. Sebanyak seratus ribu liter air bersih disalurkan mitra DT Peduli di Gaza pada Senin 16 Oktober 2023. Bantuan tersebut diterima langsung lima ratus kepala keluarga di Jabalia, Gaza Utara.

Tim DT Peduli salurkan air di Jalur Gaza, Palestina
Tim DT Peduli salurkan air di Jalur Gaza, Palestina

Menurut Mitra DT Peduli di Gaza, Abdillah Onim, saat ini situasinya di seluruh Gaza sama. Warga dilanda krisis bahan makanan dan air minum bahkan rela berbondong-bondong dan mengantre demi mendapatkan satu jerigen air minum.

“Bisa dibayangkan, selama sembilan hari mereka dilanda krisis air minum. Seluruh Gaza situasinya seperti ini (mengantre bantuan air minum). Saat ini teman-teman DT Peduli sedang membangun pabrik air minum. Dukung terus supaya kita bisa segera meresmikan pabrik air minum,” ujar Onim.

Direktur Projek Strategis DT Peduli, Muhammad Ihsan menjelaskan, sebelum konflik kembali memanas pekan lalu, krisis air di Gaza sudah sangat mengkhawatirkan. Israel menguasai sumber daya alam dan hanya mendistribusikan sedikit air untuk rakyat Gaza.

Tim DT Peduli salurkan air bersih di Jalur Gaza, Palestina
Tim DT Peduli salurkan air bersih di Jalur Gaza, Palestina

“Berdasarkan informasi dari Visualizing Palestine 101, 80 liter dari 90 liter atau sekira 89 persen air yang dikonsumsi penduduk Gaza setiap harinya adalah air yang tidak layak minum atau terkontaminasi,” terang Ihsan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x