China Terbuka untuk Memperdalam Kemitraan dengan Indonesia

- 27 Juli 2023, 20:50 WIB
Presiden China Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan, berjalan menuju venue perjamuan penyambutan bersama para tamu undangan di Xi'an, Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 18 Mei 2023.
Presiden China Xi Jinping dan istrinya, Peng Liyuan, berjalan menuju venue perjamuan penyambutan bersama para tamu undangan di Xi'an, Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 18 Mei 2023. /(Xinhua/Huang Jingwen).

PRFMNEWS - China bersedia memperdalam kerja sama strategisnya dengan Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Xi Jinping dalam pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di kota Chengdu, China Barat Daya pada Kamis, 27 Juli 2023.

Saat itu, Presiden RI Jokowi mengunjungi China untuk menghadiri upacara pembukaan FISU World University Games di Chengdu.

Baca Juga: Pemkot Depok akan Kembali Terapkan Sistem Satu Arah di Jalan Nusantara, Catat Jadwalnya

"China dan Indonesia harus memastikan penyelesaian standar tinggi kereta api cepat Jakarta-Bandung saat mendekati operasi komersial," kata Presiden Xi dikutip prfmnews.id dari CNA.

Rel berkecepatan tinggi, proyek unggulan presiden Indonesia dan bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan China, harus mundur karena masalah anggaran dan sudah empat tahun terlambat dari jadwal.

Baca Juga: Pastikan Takaran Isi BBM Benar, Pemkot Bandung Cek Langsung Alat Ukur dan Pelayanan di Sejumlah SPBU

"Kedua belah pihak harus melakukan segala upaya untuk melakukan pekerjaan dengan baik di kilometer terakhir konstruksi dan memastikan standar tinggi dan kualitas tinggi dari proyek tersebut," kata Xi.

Presiden Xi menuturkan, China juga bersedia memperluas impor komoditas curah dan produk pertanian Indonesia.

Dia juga menyoroti bidang kerja sama seperti mobil energi baru serta kota pintar.***

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Channel News Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x