Para Astronom Deteksi Sinyal Radio Berulang-ulang dari Planet Ekstrasurya, Benarkah Ada Alien?

- 6 April 2023, 11:20 WIB
ASTRONOM temukan planet ekstrasurya dengan jarak 32 tahun cahaya, bisa menjawab teka-teki sistem alam semesta
ASTRONOM temukan planet ekstrasurya dengan jarak 32 tahun cahaya, bisa menjawab teka-teki sistem alam semesta /NASA Goddard via Daily Mail

PRFMNEWS - Para astronom telah mendeteksi sinyal radio berulang-ulang dari planet ekstrasurya setiap 18 menit sekali pada mulanya, yang memicu harapan baru bahwa kehidupan di luar bumi ada di luar sana.

Sinyal tersebut diyakini berasal dari planet jauh seukuran Bumi yang dapat menunjukkan bahwa ia memiliki medan magnet yang mirip dengan Bumi.

Planet tersebut adalah planet YZ Ceti, planet berbatu yang mengorbit bintang terletak sejauh 12 tahun cahaya dari bumi. Penemuan ini dipublikasikan melalui sebuah makalah di jurnal Nature Astronomy.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Saya Minta Perusahaan Tak Banyak Cari Alasan untuk Tunda Bayar THR Pekerja

Hal tersebut memberikan jawaban penting dalam pencarian manusia akan kehidupan alien.

Para astronom memuji penemuan itu sebagai hal penting tidak hanya dalam menemukan planet yang mungkin memiliki medan magnet—tetapi juga dalam menyediakan metode masa depan untuk menemukan lebih banyak planet semacam itu .

Dengan menggunakan teleskop radio, para ilmuwan menemukan planet ekstrasurya YZ Ceti b - yang berjarak sekitar 70,5 triliun mil dari Bumi - memancarkan sinyal radio berulang.

Mereka berteori bahwa gelombang ini dapat dihasilkan oleh interaksi antara medan magnet planet ekstrasurya dan bintang katai merah kecil yang mengorbitnya, yang disebut YZ Ceti.

Baca Juga: Polres Cimahi Pastikan Patroli di Kawasan Pemukiman yang Ditinggal Warganya Mudik Tahun Ini

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x