Jalin Kerja Sama, Angkatan Laut India dan Amerika Serikat Gelar Latihan Gabungan

- 21 Juli 2020, 18:48 WIB
Ilustrasi pasukan tentara.**
Ilustrasi pasukan tentara.** /Dok PRFM.


PRFMNEWS - Angkatan Laut India menggelar latihan gabungan dengan pasukan dari kapal induk Amerika Serikat, USS Nimitz, di Samudra Hindia pada Senin (20/7/2020).

Hal tersebut dilakukan Angkatan Laut India sebagai tanda peningkatan kerja sama militer dengan Amerika Serikat.

Latihan itu digelar di dekat kepulauan Andaman dan Nikobar, India, yang berdekatan dengan Selat Malaka. Seperti diketahui, India mempunyai pangkalan militer di kepulauan tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia Panggil Febri Hariyadi untuk Persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022

Latihan gabungan itu dilakukan saat situasi di Laut China Selatan memanas belakangan ini, khususnya antara China dan negara-negara di kawasan, serta Amerika Serikat, yang telah mengirimkan dua kapal induk, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan, ke perairan tersebut.

Hubungan India dengan China juga mengalami ketegangan setelah terjadi bentrokan maut di sebuah perbatasan, yang disengketakan kedua negara, pada bulan Juni.

Atas situasi ini, India didorong untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya, termasuk Jepang, untuk menyeimbangkan keamanan di kawasan.

Komandan grup tempur Kapal Induk Nimitz, Laksamana Muda Jim Kirk menyebut bahwa latihan gabungan dengan Angkatan Laut India itu membantu meningkatkan pertukaran informasi dan pengalaman kedua pasukan.

Baca Juga: Masuk Zona Oranye, Pemkot Bandung Klaim Tren Kasus Covid-19 Terus Menurun

"Selagi melakukan operasi bersama, pasukan Angkatan Laut AS dan India menggelar latihan kelas atas yang diatur untuk memaksimalkan pelatihan dan interoperabilitas (pertukaran informasi, pengalaman), termasuk pertahanan udara," tulis Angkatan Laut AS dalam keterangan resmi seperti dilansir ANTARA, Selasa (21/7/2020).

Lebih lanjut, kelompok tempur Kapal Induk Nimitz dikirimkan ke Samudera Hindia untuk mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Tahun ini, India dijadwalkan menjadi tuan rumah untuk latihan gabungan dengan AS dan Jepang di Teluk Benggala, yang kemungkinan juga akan menyertakan Australia. Sementara China, sebelumnya, menentang latihan militer multilateral semacam itu dilakukan di kawasan.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x