Wajib Tahu! 6 Fakta Penting tentang Virus Langya, Termasuk Gejala dan Penyebarannya

- 12 Agustus 2022, 14:15 WIB
Ilustrasi virus Langya, virus baru asal China.
Ilustrasi virus Langya, virus baru asal China. /Pixabay/Geralt/

PRFMNEWS - Di saat dunia masih sibuk dan mengalami pandemi Covid-19 dan cacar monyet, virus baru kembali ditemukan di China. Virus ini disebut virus Langya, Langya henipavirus, atau LayV, dan terkait dengan virus Hendra dan Nipah.

Virus Langya sebenarnya pertama kali dideteksi pada tahun 2018, tetapi baru diidentifikasi secara resmi oleh para peneliti tahun 2022.

Hingga kini, virus Langya diduga telah menyebabkan infeksi pada 35 orang di provinsi Shandong dan Henan, China.

Berikut ini adalah 6 fakta penting yang harus kamu ketahui tentang virus Langya:

Baca Juga: Virus Langya Menginfeksi 35 Orang di China, Lebih Mematikan dari Virus Corona?

1. Virus itu kemungkinan ditularkan dari hewan ke manusia, dikutip prfmnews.id dari The Guardian, yang dilaporkan para ilmuwan di Taiwan. Kementerian kesehatan negara itu sekarang memantau penyebarannya. Korespondensi tentang virus baru oleh para ilmuwan dari China, Singapura dan Australia telah diterbitkan di New England Journal of Medicine (NEJM).

2. Wakil Direktur Jenderal Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Taiwan Chuang Jen-hsiang mengatakan bahwa 26 dari 35 pasien yang terkena mengalami gejala seperti demam, kelelahan, batuk, kehilangan nafsu makan, nyeri otot, mual, sakit kepala dan muntah. Mereka juga menunjukkan penurunan sel darah putih, jumlah trombosit yang rendah, gagal hati dan gagal ginjal.

3.Hasil tes dari 25 spesies hewan liar menunjukkan bahwa Tikus (mamalia pemakan serangga kecil yang menyerupai tikus) mungkin merupakan reservoir alami dari Langya henipavirus, karena virus itu ditemukan pada 27 persen dari tikus.

Baca Juga: Dipastikan Negatif, Hasil Tes Pasien Suspek Cacar Monyet di Jateng

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x