Jemaah Haji Berduyun-duyun ke Mekah Arab Saudi untuk Melaksanakan Ibadah Haji Pertama Pasca Pandemi

- 3 Juli 2022, 17:20 WIB
Seluruh jemaah haji gelombang 1 telah diberangkatkan dari Madinah menuju Mekah.
Seluruh jemaah haji gelombang 1 telah diberangkatkan dari Madinah menuju Mekah. /Moh. Arief Gunawan/PRFM

PRFMNEWS - Ribuan jemaah haji mulai tiba di kota suci Mekah di Arab Saudi pada hari Jumat, di antara sekitar satu juta muslim diperkirakan akan menghadiri musim haji 2022 setelah dua tahun gangguan besar yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Terbungkus jubah putih, dengan beberapa membawa payung melawan matahari gurun yang membakar, ratusan melakukan ritual pertama haji, dengan berjalan dalam lingkaran di sekitar Ka'bah bangunan suci di pusat Masjidil Haram.

"Alhamdulillah, tidak mungkin menggambarkan perasaan saya saat ini. Berada di Masjidil Haram dan di tanah dua masjid suci membuat saya sangat bahagia," kata Ahmed Sayed Mahmoud, seorang jemaah Mesir, dikutip prfmnews.id dari Alarabiya.

Baca Juga: 8 Gejala Infeksi Ginjal yang Harus Kamu Waspadai, No 6 Mirip Gejala Penyakit Malaria Kata dr. Saddam Ismail

Arab Saudi, rumah bagi situs-situs tersuci Islam di Mekah dan Madinah, mengizinkan kembali para pelancong asing tahun ini untuk melakukan haji.

Hanya beberapa ribu warga dan penduduk Saudi yang menghadiri ziarah tahunan dalam dua tahun terakhir karena Covid-19 mendatangkan malapetaka di seluruh ekonomi global dan membatasi perjalanan.

Namun, pihak berwenang mengatakan hanya satu juta orang yang dapat bergabung dengan musim 2022, kurang dari setengah tingkat pra-pandemi, dan akses dibatasi untuk peziarah berusia 18 hingga 65 tahun yang telah sepenuhnya divaksinasi atau diimunisasi terhadap virus dan tidak menderita penyakit kronis.

Petugas keamanan bersiaga dan berinteraksi dengan jamaah di dalam masjid. Sebuah jaringan kamera pengintai mengawasi sekelilingnya dan pos pemeriksaan mengontrol akses ke kota untuk membantu memastikan haji bebas insiden.

Baca Juga: Blackburn Rovers Izinkan Umat Muslim Salat Idul Adha di Stadionnya

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x