Kyiv: Koridor Kemanusiaan Tidak Mungkin Sementara, Rusia Terus Menyerang

- 7 Maret 2022, 21:30 WIB
Bendera Ukraina. Ilustrasi Ukraina diserang oleh Rusia.
Bendera Ukraina. Ilustrasi Ukraina diserang oleh Rusia. /PIXABAY/mi1635592

PRFMNEWS - Pemerintah Ukraina mengatakan bahwa negosiasi sedang berlangsung dengan Rusia untuk membangun koridor kemanusiaan di Kyiv.

Tetapi memperingatkan bahwa rute pelarian seperti itu tidak mungkin dibuat sementara, pasukan Moskow terus maju dengan ofensif mereka.

Oleksiy Arestovich, penasihat kepala staf Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan setiap warga Ukraina harus diizinkan untuk memutuskan ke mana mereka ingin pergi tetapi disarankan untuk tidak mengungsi ke Rusia.

Baca Juga: Pro-Ukraina di Seluruh Eropa Kecam Invasi: Rusia, Pulanglah!

Sementara itu, Rusia mengumumkan pada 7 Maret 2022 akan membuka koridor kemanusiaan untuk memungkinkan evakuasi warga sipil dari beberapa kota Ukraina yang mengalami pertempuran sengit, termasuk ibu kota Kyiv dan kota pelabuhan yang terkepung Mariupol.

Pasukan Rusia, untuk tujuan kemanusiaan, mendeklarasikan 'rezim diam' mulai pukul 10:00 waktu setempat pada 7 Maret dan pembukaan koridor kemanusiaan, kata kementerian pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Beredar Video Pasukan Khusus Chechnya Beri Bantuan Warga Sipil Ukraina

Baca Juga: Presiden Ukraina Memohon Kepada Amerika Serikat untuk Mengirimkan Bantuan Kepadanya

Moskow mengatakan keputusan itu diambil setelah "permintaan pribadi" oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Keduanya berbicara pada hari Minggu dalam percakapan keempat mereka sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x