Perguruan Tinggi di Ethiopia Ingin Jalin Kerja Sama dengan Indonesia

- 24 Mei 2020, 15:59 WIB
Duta Besar RI untuk Ethiopia merangkap Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur menjadi pembicara dalam diskusi virtual dengan Universitas Budi Luhur, pada Jumat (21/5/2020).  (Handout KBRI Addis Ababa)/ANTARA.
Duta Besar RI untuk Ethiopia merangkap Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur menjadi pembicara dalam diskusi virtual dengan Universitas Budi Luhur, pada Jumat (21/5/2020). (Handout KBRI Addis Ababa)/ANTARA. /

BANDUNG, (PRFM) - Sejumlah perguruan tinggi Ethiopia ingin mengadakan kerja sama dengan mitranya di Indonesia, terutama di bidang riset serta pertukaran staf pengajar dan mahasiswa.

Duta besar Indonesia yang bertugas di Ethiopia, Al Busyra Basnu mengungkapkan, perwakilan dua perguruan tinggi di Ethiopia, yaitu Universitas Bahir Dar dan Universitas Hawassa, telah berkunjung ke Indonesia pada 2016 dan 2018 guna bertemu dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka Indonesia.

Baca Juga: Lebih dari 11 Ribu Narapidana di Jabar Dapat Remisi Idulfitri

Bahkan Pada 2016 lalu, Universitas Bahir Dar dan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) pertama antarperguruan tinggi Ethiopia dan Indonesia.

“Sebetulnya pada semester pertama 2020, KBRI Addis Ababa menyelenggarakan beberapa kegiatan antar perguruan tinggi Indonesia-Ethiopia, namun karena wabah COVID-19, penyelenggaraan kegiatan tersebut ditunda sampai kondisi memungkinkan,” kata Al Busyra dalam keterangan resmi Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia, Minggu (24/5/2020).

Baca Juga: Guncangan Gempa Magnitudo 5.1 di Pangandaran Terasa Sampai Kabupaten Bandung

Sementara dari pihak Indonesia, beberapa perguruan tinggi juga berminat untuk mengadakan kerja sama dengan perguruan tinggi di Ethiopia, salah satunya adalah Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Al Busyra berharap delegasi universitas tersebut bisa segera berkunjung ke Ethiopia setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x