Temuan Teknologi Baru, Layar TV Bisa Dijilat dan Benar-benar Mengeluarkan Rasa Makanan

- 24 Desember 2021, 17:14 WIB
Ilustrasi tv
Ilustrasi tv /Alehandra13/Pixabay

PRFMNEWS - Seorang profesor Jepang berhasil mengembangkan prototipe layar TV yang bisa dijilat dan mengeluarkan rasa makanan tertentu. Teknologi layar TV ini nantinya akan menciptakan pengalaman baru disebut ‘menonton TV multi-indera’.

Ia adalah profesor di Universitas Meiji, Homei Miyashita yang dibantu oleh 30 mahasiswanya hingga berhasil menggagas teknologi layar berjuluk ‘Taste the TV’ (TTTV) alias layar TV bisa dijilat dan mengeluarkan rasa yang bisa dikecap oleh lidah pemirsa.

Teknologi layar ‘Taste the TV’ (TTTV) itu menggunakan korsel (perangkat berputar) berisi 10 tabung rasa yang disemprotkan kombinasi cairan khusus untuk meniru dan mengeluarkan rasa makanan tertentu.

Kemudian, korsel akan menggulung sampel rasa makanan tertentu pada film higienis di atas layar TV yang dapat dijilat oleh pemirsa untuk dicicipi.

Baca Juga: BRI Terapkan BI-Fast di Aplikasi BRImo, Ini Ragam Manfaat yang Didapat Nasabah

Melansir Reuters, Miyashita berharap, teknologi TTTV dapat meningkatkan cara orang terhubung dan berinteraksi dengan dunia luar di era pandemi Covid-19 saat ini.

"Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang memiliki pengalaman seperti makan di restoran di belahan dunia lain, bahkan saat tinggal di rumah," kata Miyashita.

Miyashita bekerja dengan tim yang terdiri dari sekitar 30 siswa yang telah memproduksi berbagai

Tak hanya layar TV yang bisa dijilat pemirsa, Miyashita dan puluhan mahasiswanya itu juga membuat perangkat lain yang berhubungan dengan rasa, seperti garpu yang bisa membuat rasa makanan lebih kaya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x