6 Manfaat Menonton Kartun untuk Anak, Salah Satunya Bisa Kembangkan Kreativitas

- 5 Oktober 2020, 17:02 WIB
SERIAL kartun Paw Patrol.*
SERIAL kartun Paw Patrol.* /Instagram/@pawpatrol



PRFMNEWS - Kartun menjadi salah satu karya visual yang disukai semua usia, khususnya anak-anak. Tampilan gambar berupa animasi yang penuh warna, bisa bergerak dan bisa berbicara, menjadi daya tarik dan ciri khas tersendiri dari kartun.

Teruntuk para orang tua, ternyata menonton kartun juga memiliki dampak positif lho untuk anak! Dikutip dari Firscry Parenting, berikut ini 6 manfaat menonton kartun untuk anak.

Baca Juga: Serial Netflix Stranger Things Bocorkan Syuting Season Keempat, Kapan Dirilis ya?

1. Membantu pembelajaran anak sejak dini

Kartun khususnya kartun edukasi dapat membantu anak melaksanakan pembelajaran sejak dini. Beberapa materi dasar seperti warna, angka, huruf dan bentuk dapat diperoleh melalui kartun.

Ditampilkan melalui visual atau gambar yang penuh warna, dapat bergerak dan berbicara, konsep ini dapat membuat proses pembelajaran menjadi menarik, menyenangkan dan interaktif.

2. Membantu dalam perkembangan kognitif

Kartun dapat membantu mengembangkan logika, penalaran, pemrosesan visual, pendengaran, dan perhatian anak. Hal tersebut dapat membantu perkembangan aspek kognitif pada anak.

Baca Juga: Kenneth Wiliam Mengaku Jika Dia Edit Video Seolah-Olah Masjid Pajagalan Putar Lagu DJ

3. Membantu dalam pengembangan bahasa

Kartun terkadang disajikan menggunakan bahasa yang berbeda dengan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari.

Beberapa kartun menggunakan bahasa ibu, yakni bahasa Indonesia, namun ada pula kartun yang menggunakan bahasa asing, seperti bahasa Melayu dan bahasa Inggris.

Ketika kartun dikemas dalam bahasa ibu, maka ini dapat membantu anak mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ketika dikemas dalam bahasa asing, maka ini dapat menambah pengetahuan bahasa pada anak.

Baca Juga: Berstatus Zona Merah, Oded Sebut Kasus Corona di Kota Bandung Masih Terkendali

4. Meningkatkan kreativitas

Menonton kartun juga membantu meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak. Sebab kartun tertentu dapat memicu lahirnya ide-ide baru pada anak. Ini pun berpotensi menghasilkan karya seni baru berdasarkan kartun yang telah ditonton.

5. Meningkatkan tawa dan menghilangkan stres

Beberapa jenis kartun atau scene dalam kartun dianggap lucu oleh anak sehingga membuat anak tertawa terbahak-bahak. Dan ketika mereka dapat tertawa lepas, maka ini dapat membantu menghilangkan stress pada anak.

Baca Juga: Donald Trump Positif Corona, Netizen Ramai Unggah Ramalan The Simpsons

6. Membantu anak belajar tentang beragam hal

Kartun dapat membantu anak mempelajari beberapa hal, misalnya adat istiadat, tradisi dan sejarah. Selain itu, pesan moral dalam kartun juga dapat mengajarkan anak tentang hal baik, seperti tolong menolong, persahabatan, kerja sama dan kasih sayang.

Kartun memang memiliki dampak positif atau manfaat untuk anak. Namun ingat, konten dari kartun yang hendak ditonton anak harus diperhatikan dan orang tua harus tetap mengawasinya selama menonton.*** (Dhea Amellia/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x