Berstatus Zona Merah, Oded Sebut Kasus Corona di Kota Bandung Masih Terkendali

- 5 Oktober 2020, 16:20 WIB
Pilih Tak Terapkan PSBB, Ini Langkah yang Diambil Oded M Danial
Pilih Tak Terapkan PSBB, Ini Langkah yang Diambil Oded M Danial /TOMMY RIYADI/PRFMNEWS

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan perubahan terbaru status level kewaspadaan Covid-19 di Jawa Barat.

Menurut Ridwan Kamil, per 5 Oktober 2020, ada 5 kota/kabupaten yang berubah status zona merah atau berisiko tinggi penularan Covid-19. Salah satu daerah yang masuk zona merah adalah Kota Bandung.

Baca Juga: Viral Biaya Wisuda Mahal, Begini Penjelasan Unikom

Selain Kota Bandung, ada juga Kabupaten Bandung Barat (KBB) menemani Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Kota Bogor yang sebelumnya dinyatakan zona merah berdasarkan epidemiologi terbaru.

“Minggu lalu itu, (Kota) Cirebon, (Kabupaten) Cirebon sudah tidak masuk lagi zona merah. Tapi (statusnya) bergeser ke Kota Bandung yang jadi zona merah, KBB zona merah, Kota Bogor zona merah, (Kota) Bekasi (Kabupaten) Bekasi zona merah,” ujar Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Senin 5 Oktober 2020.

 

Baca Juga: Dengan Alasan Covid-19, DPR Gelar Rapat Paripurna Keputusan RUU Ciptaker Hari Ini

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengaku dirinya belum mengetahui secara rinci perubahan status zona tersebut. Dirinya belum melihat peta terbaru zona Covid-19 di Jawa Barat.

"Saya ga mau menanggapi kebijakan provinsi, saya juga belum lihat peta (peta zona Covid-19)," katanya ditemuii di Pendopo Wali Kota Bandung, Senin 5 Oktober 2020. 

Oded mangatakan, sejauh ini kasus Covid-19 di Kota Bandung masih terkendali. Penambahan kasus pun tidak terlalu signifikan.

"Soal zona itu, parameternya bukan seperti itu, tapi yang jelas saya yakin Bandung masih terkendali. Mang Oded kalau Bandung benar-benar gawat, akan bertindak," katanya.

Baca Juga: Update 5 Oktober 2020, Total Positif Corona di Indonesia Mencapai 307.120 Kasus

Hingga Minggu 4 Oktober kemarin, total kasus konfirmasi atau positif Corona di Kota Bandung mencapai 1.391 kasus.

Dari angka tersebut, 178 di antaranya berstatus kasus aktif, 1.154 pasien dinyatakan sembuh, dan 59 lainnya meninggal dunia.***

 

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x