Penderita Diabetes Wajib Tahu! Ternyata Inilah Risiko Makan Buah-buahan yang Dibarengi dengan Obat Dari Dokter

- 30 Oktober 2022, 18:05 WIB
Ilustrasi, Risiko Makan Buah-buahan yang Dibarengi dengan Obat Dari Dokter Bagi Penderita Diabetes.
Ilustrasi, Risiko Makan Buah-buahan yang Dibarengi dengan Obat Dari Dokter Bagi Penderita Diabetes. /Freepik/rawpixel.com/

PRFMNEWS - Tidak sedikit penderita diabetes mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah berbarengan dengan obat dari dokter.

Menurut penderita diabetes makan buah-buahan yang bisa menurunkan kadar gula darah berbarengan dengan obat dari dokter akan lebih ampuh untuk menurunkan kadar gula darah.

Namun ternyata menurut Dokter Cahyo bila makan buah yang memiliki khasiat sama dengan obat yang diberikan oleh dokter maka akan terjadi efek ganda.

Baca Juga: dr Saddam Ismail Ungkap 8 Rutinitas yang Bisa Sehatkan Ginjal

“Umumnya ketika anda mengkonsumsi obat bersama makanan atau minuman dan buah-buahan maka akan terjadi interaksi,” jelas dr. Cahyo, seperti yang dikutip prfmnews.id dari kanal YouTube dr. Cahyo EDUKES pada Minggu 30 Oktober 2022.

Interaksi tersebut menurut dokter Cahyo akan menyebabkan efek dari buah-buahan tersebut menjadi meningkat atau menjadi melemah.

Lebih lanjut menurut dokter Cahyo mengkonsumsi buah-buahan dengan obat diabetes dari dokter akan meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Baca Juga: KBRI Sampaikan Tak Ada WNI yang Menjadi Korban Pesta Halloween di Itaewon Korea Selatan

Efek samping yang dimaksud dokter Cahyo ketika mengkonsumsi buah-buahan dan obat dari dokter secara bersamaan adalah perut menjadi perih, kembung, hingga mual.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: YouTube dr. Cahyo EDUKES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x