Film Berbahasa Sunda Masuk Nominasi Film Terbaik Dunia, Ridwan Kamil: Jaga Basa Sunda

- 21 Januari 2022, 17:00 WIB
Sinopsis film berbahasa Sunda 'Before, Now & Then'.
Sinopsis film berbahasa Sunda 'Before, Now & Then'. /Tangkap layar YouTube Berlinale - Berlin International Film Festival

PRFMNEWS - Kabar baik bagi Indonesia khususnya masyarakat Sunda (Jawa Barat), Ridwan Kamil beri ucapan selamat atas pencapaian film berbahasa Sunda yang sudah diakui sebagai film terbaik dunia di Berlinale 2022.

Film Before, Now & Then karya sutradara Kamila Andini dan Produser Ifa Isfansyah dan Gita Fara Merupakan film pertama berbahasa Sunda, yang terseleksi untuk tayang perdana di program kompetisi utama 72nd di Berlinale 2022

Berlin Internasional Film Ferstival atau Berlinale 2022 itu yang merupakan festival film berskala internasional itu, berhasil diduduki Indonesia dengan nominasi film terbaik. Film pertama berbahasa Sunda mampu ke kancah Internasional.

Baca Juga: BRI Beri Klarifikasi Soal Mensos Risma Sebut Dana Bansos Rp2,7 Triliun Tertahan di Bank HIMBARA

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengapresiasi atas pencapaian tersebut, karena film berbahasa Sunda sudah dilirik dunia sebagai film terbaik dikancah Internasional di Berlinale.

Meskipun belakangan sempat kisruh soal bahasa Sunda tidak boleh diucapkan pada saat rapat.

Setelah masuk nominasi film terbaik dunia di Berlinale 2022, Ridwan Kamil turut bangga serta mengapresiasi demi menunjukan kepada Indonesia maupun dunia bahwa bahasa Sunda itu harus tetap dijaga dan lestarikan.

Ridwan Kamil juga ucapkan selamat kepada semua pemain dan kru yang telah berkecimpung di film berbahasa Sunda itu, karena atas kerja kerasnya bisa membawa film Indonesia yang berbahasa Sunda itu ke kancah Internasional Berlinale.

Untuk itu, sudah sebaiknya kita sebagai warga Indonesia khususnya masyarakat Sunda berbangga karena film berbahasa Sunda sudah masuk nominasi film terbaik dunia di Berlinale 2022.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x