CEK FAKTA: Beredar Video Penguburan Masal Produk Prancis, Benarkah?

- 3 November 2020, 14:48 WIB
Tangkapan layar dari video di media sosial yang dinarasikan kejadian penguburan masal produk Prancis
Tangkapan layar dari video di media sosial yang dinarasikan kejadian penguburan masal produk Prancis /Akun Facebook Rafasya II

PRFMNEWS - Beredar video di media sosial terkait penguburan massal produk dari Prancis yang memperlihatkan banyak kendaraan truk dan sekelompok orang sedang membuang barang ke suatu gurun pasir.

Salah satu akun yang membagikan video tersebut adalah pemilik akun Facebook 'Raffasya II' dengan mengunggah video serupa berjudul 'Penguburan Masal Produk Perancis', pada 30 Oktober 2020 pukul 05.09 WIB.

Mengutip laman turnbackhoax.id, setelah ditelusuri dan pemeriksaan fakta, ternyata narasi dalam video tersebut salah alias False Context.

Baca Juga: Kecam Keras Presiden Prancis, Jokowi: Teroris Ya Teroris! Tak Ada Hubungannya dengan Agama

Faktanya video tersebut merupakan video operasi resmi di bawah pengawasan Sekretariat al-Qassim, Arab Saudi untuk membuang sekitar 80.000 bungkus ayam kedaluwarsa yang tidak layak konsumsi tahun 2016.

Fakta ini didapatkan dari berita portal Al Arabiya yang terbit pada 17 November 2016 dan video serupa juga pernah diunggah oleh akun Youtube Moha M dengan judul ” ياساتر وشش ذااا” pada 19 November 2016.

"Dengan demikian, unggahan akun Facebook Raffasya II dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah karena video tersebut bukan video penguburan massal produk Perancis," tulis turnbackhoax.id.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x