CEK FAKTA: Benarkah FIFA Jatuhkan Sanksi kepada PSSI karena Pemalsuan Dokumen JIS?

- 27 Juli 2023, 07:14 WIB
Erick Thohir saat meninjau JIS pada Selasa, 4 Juli 2023.
Erick Thohir saat meninjau JIS pada Selasa, 4 Juli 2023. /PSSI/

PRFMNEWS - Beredar kabar yang menyebutkan federasi sepak bola dunia FIFA menjatuhkan sanksi kepada PSSI dikarenakan PSSI diduga memalsukan dokumen Jakarta International Stadium (JIS).

Narasi tersebut muncul di tengah pembicaraan bahwa JIS belum memenuhi standar FIFA.

Kabar itu beredar dalam bentuk video. Dalam video tersebut berisi informasi bahwa FIFA jatuhkan sanksi kepada Indonesia karena batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 dan tidak ada pembahasan mengenai dokumen palsu stadion JIS seperti pada klaim judul.

Baca Juga: FIFA Minta Renovasi JIS Dilakukan Cepat Sebelum Piala Dunia U-17 2023

Narasi yang dibuat adalah “DIJATUHKAN SANKSI BERAT !! PEMALSUAN DOKUMEN JIS KETAHUAN FIFA || PILDUN U-17 BISA BATAL..?”.

Namun, Sebuah kanal YouTube bernama CATATAN POLITIK yang mengunggah video dengan judul tersebut, narator video hanya membacakan artikel media daring soal tanggapan sejumlah pihak terkait kualitas rumput di JIS yang dianggap tidak memenuhi standar FIFA.

Berdasarkan hasil penelusuran, dalam video berdurasi 8 menit tersebut tidak ditemukan informasi soal FIFA menjatuhkan sanksi kepada PSSI akibat pemalsuan dokumen stadion JIS (Jakarta International Stadium).

Baca Juga: PSSI Siap Jalankan Rekomendasi FIFA Soal Renovasi JIS

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x