[HOAKS] Viral Jemaah Padang Sumbar Berangkat Haji 2020

- 12 Juli 2020, 09:01 WIB
Foto Hoaks  jemaah haji Padang Sumatera Barat berangkat ke Bandara untuk selanjutnya menuju Tanah Suci menunaikan haji tahun 2020. *Kemenag / dok
Foto Hoaks jemaah haji Padang Sumatera Barat berangkat ke Bandara untuk selanjutnya menuju Tanah Suci menunaikan haji tahun 2020. *Kemenag / dok /

PRFMNEWS - Sebuah foto mendadak viral di media sosial, yang memuat informasi bahwa ada rombongan jemaah haji Padang Sumatera Barat berangkat ke Bandara untuk selanjutnya menuju Tanah Suci menunaikan haji.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H. Hendri memastikan, bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

"Ini tidak benar. Melihat dari foto yang beredar di media sosial, sudah jelas itu hoaks. Sebab, itu foto tahun 2018 oleh Robbyrotanayulian. Coba amati foto itu baik-baik," tutur Hendri dilansir laman Kemenag, Sabtu (11/7/2020).

Baca Juga: Masih Ada Kerumunan Warga, Pemkot Bandung Buka Kemungkinan Tutup Ruas Jalan Lain

Dari hasil penelusuran, foto itu pernah diunggah oleh akun istagram Robbyrotanayulian pada 19 Agustus 2018. Unggahan itu disertai keterangan “Kita nikmati kebersamaan yg indah ini walau entah sampai kapan kita slalu bersama”.

Foto tersebut juga disertai watermark tahun 2018 dan pada bus tertera spanduk bertuliskan Rombongan Jamaah Haji Kabupaten Sijunjung.

"Jadi itu bukan foto jemaah tahun ini. Sebab, tahun 2020, Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji," tegas Hendri.

Baca Juga: Sekolah di Kota Bandung Pastikan Kesiapan Fasilitas MPLS Daring

Kemenag telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x