Konsumsi Pisang Setiap Hari Akan Membuat Jantung Sehat, Benarkah? Ini Penjelasan Ilmiahnya

- 8 Desember 2021, 15:31 WIB
Ilustrasi pisang
Ilustrasi pisang /Pixabay.com/OpenClipart-Vectors/

PRFMNEWS - Anda tahu pisang adalah topping yang bagus untuk oatmeal, camilan yang nyaman untuk bepergian, dan bahan utama roti yang lezat.

Tapi Anda mungkin tidak menyadari bahwa pisang adalah salah satu buah paling sehat untuk bisa dimakan. Jika buah kuning ini menjadi favorit Anda, maka hati Anda sedang atau dalam keadaan beruntung.

Dilansir prfmnews.id dari laman the healthy.com, bahwa salah satu nutrisi utama dalam pisang adalah potasium yang berperan sangat penting untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Hati-hati! Orang yang Miliki Ciri-ciri ini Membuat Dia Rendah di Hadapan Allah SWT

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa diet kaya kalium membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut Ragavendra Baliga, MD, seorang ahli jantung di Ohio State University Wexner Medical Center. Mengatakan dalam menganalisis data tersebut dari sebelas studi yang dilakukan pada lebih dari 250 ribu orang.

Hal itu berhasil menurunkan angka risiko stroke, karena meningkatnya potasium dalam sehari dengan rata-rata 1540 mg.

"Menganalisis yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology memasukkan data dari 11 studi dan 250.000 orang,” kata dr. Baliga.

Baca Juga: Psikolog Ungkap Hasil Tes Kejiwaan Siskaeee yang Picu Tersangka Beraksi Asusila: Ada Trauma Masa Lalu

"Studi ini melaporkan bahwa peningkatan rata-rata 1540 mg potasium per hari dikaitkan dengan penurunan risiko stroke sebesar 21 persen.” tambahnya.

Mendapatkan cukup potasium membantu menjaga detak jantung yang sehat, menurut Michelle Routhenstein, RD, ahli diet kardiologi preventif mengatakan kekurangan kalium dapat berakibat pada aritmia jantung, sehingga aliran darah ke otak,otot, serta organ terganggu.

“Ketika kekurangan kalium, kadarnya yang rendah dapat menyebabkan aritmia jantung dan berpotensi mengganggu aliran darah ke otak, otot, dan organ,” katanya.

Kalium juga membantu Anda mencerna karbohidrat dan membangun otot.

Baca Juga: Kronologi Penangkapan Siskaeee, Rekam Video Porno di Bandara Jogja dan Diamankan di Stasiun Bandung

Kombinasi dari fasilitas ini dapat memberikan keajaiban bagi arteri Anda, mencegah penyakit jantung dan stroke di kemudian hari.

Bahkan ada lebih banyak penelitian yang menunjukkan makanan kaya kalium, seperti pisang, harus menjadi bagian dari diet Anda.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x