Hati-hati! HOAX Link Cek Penerima Bansos Rp600 Ribu dengan NIK KTP

- 9 Agustus 2021, 17:33 WIB
HOAX Link cek penerima bantuan Rp600 ribu dengan memasukkan NIK KTP
HOAX Link cek penerima bantuan Rp600 ribu dengan memasukkan NIK KTP /Tangkapan layar oleh Tim Mafindo


PRFMNEWS - Beredar link untuk cek pemilik e-KTP mendapat bansos dari pemerintah sebesar Rp600 ribu sebagai kompensasi pandemi Covid-19.

Dalam informasi itu, pencairan bantuan bisa diambil pada 29 Agustus 2021. Disertakan juga link untuk mengecek apakah terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak dengan memasukkan NIK KTP.

"Bagi yang sudah memiliki E-KTP sudah bisa mengambil kompensasi Per Tgl 29 agustus 2021 sebesar Rp. 600.000 untuk biaya # dirumah aja. Silakan cek apakah nama anda tercantum, dan cocokkan dengan NIK E-KTP anda melalui link berikut https://bit[dot]ly/3zPuH0e," isi informasi yang beredar itu.

Baca Juga: CEK FAKTA: Lowongan Kerja Crew Runner PON Papua 2021 Gaji Rp4,5 Juta, Benarkah?

Benarkah link tersebut untuk mengecek apakah kita menerima bansos Rp600 ribu?

Hasil penelusuran tim Mafindo menyatakan bahwa link tersebut tidak benar alias HOAX, karena bukan link resmi dari pemerintah.

Baca Juga: Resmi Mundur Lagi! Menpora Sebut Liga 1 Mulai 27 Agustus 2021

Tautan yang diberikan setelah diperiksa tidak merujuk ke website resmi untuk pengecekan penerima bansos yaitu cekbansos.kemensos.go.id melainkan menuju sebuah website tidak resmi dan meminta untuk memasukkan nama dan NIK E-KTP sedangkan pada website resmi tidak memerlukan NIK E-KTP.

Padahal Kementerian Sosial sudah menyatakan bahwa bansos untuk masyarakat dibagi tiga yaitu BST, BPNT, dan PKH. Semua bantuan itu hanya bagi masyarakat yang terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Baca Juga: HOAKS Link Dapat Bansos Rp500 Ribu dari Kementerian Sosial dengan Cara Isi Survei

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x