CEK FAKTA: Jokowi Minta Risma Gantikan Anies Sebagai Gubernur DKI Jakarta?

- 5 Februari 2021, 15:46 WIB
Di media sosial Facebook beredar sebuah unggahan yang menampilkan tautan video Youtube dengan klaim bahwa Presiden Jokowi memberi sinyal kepada Menteri Sosial, Trirismaharini alias Risma, untuk menggantikan Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan.
Di media sosial Facebook beredar sebuah unggahan yang menampilkan tautan video Youtube dengan klaim bahwa Presiden Jokowi memberi sinyal kepada Menteri Sosial, Trirismaharini alias Risma, untuk menggantikan Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan. /Turnbackhoax.id



PRFMNEWS - Di media sosial Facebook beredar sebuah unggahan yang menampilkan tautan video Youtube dengan klaim bahwa Presiden Jokowi memberi sinyal kepada Menteri Sosial, Trirismaharini alias Risma, untuk menggantikan Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan.

Unggahan tersebut diunggah pemilik akun Lilikarwati Tan ke grup Facebook Indonesia Bersuara.

Unggahan itu telah telah mendapat banyak komentar dari masyarakat. Sementara itu, video Youtube yang disebarkan, telah ditonton lebih dari 300 ribu kali.

Lantas, benarkah klaim bahwa Jokowi beri sinyal kepada Menteri Sosial, Trirismaharini alias Risma, untuk menggantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan?

Baca Juga: Kota Bandung Belum Berencana Terapkan Lockdown di Akhir Pekan

 

Baca Juga: Antisipasi Potensi Penyebaran Corona, Wacana Perayaan Imlek Virtual di Kota Bandung Mengemuka

Dikutip prfmnews.id dari turnbackhoax.id, setelah dilakukan penelusuran, klaim yang menyatakan bahwa Jokowi menunjuk atau memberi sinyal kepada Risma untuk menggantikan Anies sebagai gubernur DKI Jakarta adalah hoaks.

Di dalam video tersebut, tidak ditemukan pernyataan Presiden Jokowi perihal pergantian gubernur DKI.

Video tersebut berisi potongan-potongan video dari Jokowi, Risma, dan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri, yang disusun untuk menampilkan kesan bahwa mereka memberi pernyataan terkait penunjukkan Risma sebagai gubernur DKI pengganti. Padahal video-video tersebut berasal dari keadaan yang berbeda-beda.

Risma sendiri memang digadang-gadang akan menjadi penantang Anies di Pilkada DKI Jakarta tahun 2022. Namun, hal tersebut masih berupa dugaan dan masih menjadi rahasia partai.

Perihal kekuasan Jokowi untuk memberhentikan gubernur pun tidak sembarangan.

Baca Juga: Penting! Ini yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Gejala Corona

Baca Juga: Tak Mau Penasaran Lagi, Fitra Eri Siap Beli Mobil Esemka

Presiden dapat memberhentikan gubernur jika ada usulan dari DPRD kepada Menteri.

Usulan tersebut kemudian disampaikan oleh Menteri kepada Presiden untuk dilakukan pertimbangan.

Sampai saat ini, belum ada berita apapun yang menyatakan bahwa DPRD DKI Jakarta mengajukan usul pemberhentian gubernur DKI Jakarta aktif, Anies Baswedan.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa Jokowi menunjuk Mensos Trirismaharani alias Risma sebagai gubernur DKI Jakarta pengganti adalah hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.***

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: turnbackhoax.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x