Penting! Ini yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Gejala Corona

- 5 Februari 2021, 14:50 WIB
Personel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu, 11 Maret 2020. RSUD Suradadi menjemput salah satu anak buah kapal (ABK) warga Desa Demangharjo, Kabupaten Tegal berinisial II (42) diduga terjangkit COVID-19, karena menderita penyakit demam, batuk dan pilek selama tujuh hari usai pulang melaut dari Taiwan.
Personel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu, 11 Maret 2020. RSUD Suradadi menjemput salah satu anak buah kapal (ABK) warga Desa Demangharjo, Kabupaten Tegal berinisial II (42) diduga terjangkit COVID-19, karena menderita penyakit demam, batuk dan pilek selama tujuh hari usai pulang melaut dari Taiwan. /Antara Foto

PRFMNEWS – Penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia masih belum menunjukkan angka penurunan. Bahkan penambahan kasus hariannya semakin tinggi.

Penyebaran virus ini pun semakin meluas, dari mulai klaster perkantoran, klaster pendidikan, hingga klaster keluarga.

Orang yang terkonfirmasi atau positif corona terbagi dua, yakni positif dengan gejala, dan positif tanpa gejala. Lalu, apa yang harus kita lakukan jika mengalami gejala corona?

Pemerintah sendiri telah menerbitkan panduan protokol kesehatan yang harus diterapkan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Protokol tersebut dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh pemerintah dengan dipandu secara terpusat oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca Juga: Tak Mau Penasaran Lagi, Fitra Eri Siap Beli Mobil Esemka

Baca Juga: Pedagang Pasar Jadi Prioritas Vaksinasi Berikutnya, PD Pasar Kota Bandung Tunggu Arahan Teknis dari Satgas

Dikutip prfmnews.id dari laman Kemenkes, protokol tersebut disusun melibatkan seluruh kementerian dan lembaga pemerintahan.

Berikut protokolnya:
1. Jika Anda merasa tidak sehat dengan kriteria:
a. Demam lebih dari 38°C; dan
b. Batuk/pilek/nyeri tenggorokan, istirahatlah yang cukup di rumah dan minum air yang cukup.
Bila tetap merasa tidak nyaman, keluhan berlanjut, atau disertai dengan kesulitan bernapas (sesak atau napas cepat), segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: Kemkes


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X