Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat, Ini Langkah Pemkot Bandung

- 19 November 2020, 08:31 WIB
Ilustrasi Corona.
Ilustrasi Corona. /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Penambahan kasus covid-19 terjadi hampir di semua daerah, termasuk di Kota Bandung. Berdasarkan data dari pusat informasi covid-19 (Pusicov) kota Bandung, hingga 18 November kemarin terdapat 313 kasus konfirmasi aktif di kota Bandung.

Dengan adanya penambahan kasus positif ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung langsung menyiapkan beberapa antisipasi agar tak ada kekurangan tempat perawatan dengan memfungsikan hotel sebagai tempat isolasi mandiri, khususnya bagi pasien berstatus positif tanpa gejala.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna menjelaskan, meski telah ada dua hotel yang digunakan sebagai tempat isolasi. Kini, satu hotel lagi tengah diupayakan agar bisa menampung pasien positif tanpa gejala.

Baca Juga: LIPI Ciptakan Inovasi Alat yang Bisa Mengawasi Pergerakan Pasien dan Suspek Covid-19

"Kami sedang berupaya untuk menambah satu hotel lagi, dalam rangka antisipasi bila ada warga berstatus OTG dengan hasil swab test positif Covid-19. Alamat hotel tidak akan kita sebutkan demi kenyamanan semua pihak," ungkap Ema Sumarna yang juga Sekretaris Daerah Kota Bandung saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu 18 November 2020.

Bukan hanya hotel, Ema sebut, pihaknya juga telah menginstruksikan aparat kewilayahan di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk menyiapkan rumah singgah. Rumah singgah ini diperuntukan untuk tempat isolasi sementara pasien positif covid-19 tanpa gejala.

Baca Juga: Ini Kata Wagub Jabar Terkait Alasan Mengapa Perlu Pemekaran Wilayah di Jawa Barat

Selain itu, Pemerintah Kota Bandung saat ini juga tengah mendorong Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) untuk menambah kapasitas tempat tidur bagi pasien Covid-19.

Harapnnya, RSKIA Kota Bandung bisa menambah sampai 36 tempat tidur untuk penanganan pasien Covid-19.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x