Ternyata Orang Bandung Lebih Dulu Mengamati Bintang Dibanding NASA, Ini Buktinya

- 20 Juni 2024, 20:00 WIB
Observatorium Bosscha/Instagram/@bosschaobservatory
Observatorium Bosscha/Instagram/@bosschaobservatory /

PRFMNEWS - Keberadaan Observatorium Bosscha menjadi bukti orang Bandung lebih dahulu mengamati bintang daripada NASA. NASA adalah Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (AS) yang merupakan lembaga independen pemerintah AS, bertanggung jawab atas program luar angkasa sipil, penelitian aeronautika, dan penelitian luar angkasa.

Observatorium Bosscha yang terletak di Jalan Peneropongan Bintang, Nomor 45, Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat (Jabar) ini bahkan menjadi balai pengamatan astronomi tertua di Indonesia.

Mengutip keterangan Pemprov Jabar, Observatorium Bosscha Lembang sudah berdiri sejak tanggal 1 Januari 1923. Sedangkan NASA baru berdiri pada 29 Juli 1958, menggantikan National Advisory Committee for Aeronautics di AS.

Baca Juga: Polisi Sudah Periksa 70 Saksi Kasus Vina Cirebon, 18 Diantarnya Memberatkan Pegi Setiawan

Sejarah lainnya terkait pendiri Observatorium Bosscha adalah Perhimpunan Bintang Hindia Belanda (NISV) dengan dukungan dana dari Karel Albert Rudolf Bosscha yang merupakan seorang pengusaha perkebunan teh di Malabar.

Kini, pengelolaan Observatorium Bosscha dilakukan penuh oleh Institut Teknologi Bandung (ITB).

Fakta unik lain di balik Observatorium Bosscha adalah teropong bintangnya menjadi salah satu ikon bangunan di logo Kabupaten Bandung Barat yang baru berulang tahun ke-17 pada 19 Juni 2024.

Pada logo KBB terlihat gambar bintang segi lima dan teropong bintang Bosscha berwarna kuning, berlatar belakang warna biru yang di atasnya tertulis huruf kapital Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Antisipasi Macet! Ada Acara Puncak HUT ke-23 Kota Cimahi pada Sabtu 22 Juni 2024 Pagi-Dini Hari

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah