Bandung Bakal Punya Tempat ‘Wisata Sampah’ di Area Hutan Kota Estetik Dekat Kawasan Dago

- 30 Mei 2024, 21:00 WIB
Hutan Kota Babakan Siliwangi Bandung, Jumat 2 Februari 2024
Hutan Kota Babakan Siliwangi Bandung, Jumat 2 Februari 2024 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sedang menyiapkan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Babakan Siliwangi (Baksil) untuk nantinya diresmikan menjadi pusat wisata edukasi pengelolaan sampah. Lokasi calon wisata edukasi soal persampahan itu berada di kawasan wisata Hutan Kota Bandung yang dikenal sebagai Forest Walk Baksil.

Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan hadirnya TPST Babakan Siliwangi sebagai pusat wisata edukasi pengelolaan sampah diharapkan menjadi salah satu upaya mengedukasi masyarakat agar semakin tergugah semangatnya untuk ikut aktif mengelola sampah dari mulai lingkup rumah tangga.

"Persoalan sampah menjadi hal krusial yang masih dihadapi Kota Bandung, sehingga edukasi masif terkait pengelolaan sampah bagi masyarakat harus terus digencarkan. Pengelolaan sampah di TPST Babakan Siliwangi ini sudah bagus. Di sana harus jadi wisata edukasi pengelolaan sampah terpadu dan ini tentu menjadi penting," ujar dia, Kamis 23 Mei 2024.

Baca Juga: Titik Jalan Utama di Kota Bandung Diprediksi Macet Parah Weekend ini, Polisi Ungkap Penyebabnya

Bambang menerangkan, nantinya masyarakat yang datang ke TPST Babakan Siliwangi akan diberikan edukasi terkait pengelolaan sampah mulai organik sampai anorganik yang dipandu oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung.

"Perlu orang yang mampu menjelaskan. Wisata edukasi sampah ini penting karena akan memberikan nilai manfaat yang luar biasa," ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung Yudi Prayudi mengungkapkan saat ini TPST Babakan Siliwangi memiliki keunggulan karena sudah mempunyai teknologi pengolahan sampah yang terpadu dan terbarukan.

Baca Juga: Terungkap Peran 3 Pelaku Kasus Penusukan Pemuda di Jalan Gading Tutuka Soreang, Polisi Tembak 1 Tersangka

Melalui teknologi ini, sampah aman diolah menjadi Refuse Derived Fuel (RDF) atau bahan bakar pengganti batubara. TPST Babakan Siliwangi mampu menghasilkan 10 ton RDF yang dijadikan bahan bakar bagi beberapa pabrik tekstil di sekitar Kota Bandung.

Yudi menjelaskan di TPST Babakan Siliwangi tidak hanya mengolah sampah domestik atau sampah dari aktivitas harian manusia, namun juga mengolah sampah daun yang nantinya diolah menjadi RDF.

“Ke depan, TPST Babakan Siliwangi akan menjadi pusat edukasi kepada masyarakat untuk melihat sampah diolah menjadi energi terbarukan. Dari mulai sampah masuk sampai menjadi RDF dan dikirim ke pabrik tekstil,” tuturnya.

Baca Juga: KCIC Luncurkan ‘Kartu Sakti’, Naik Whoosh Jakarta-Bandung Berkali-kali Jadi Lebih Murah

"Saat ini kita sedang menyiapkan sarana prasarananya. Semoga wisata edukasi pengolahan sampah ini dapat segera dibuka bagi masyarakat," imbuh dia.

TPST Baksil yang berada di kawasan Forest Walk Babakan Siliwangi juga berdekatan dengan sejumlah lokasi wisata lain, seperti Teras Cikapundung, kemudian area kuliner hingga pusat oleh-oleh di Jalan Ir. H. Juanda (Dago), Jalan Dipatiukur dan Jalan Cihampelas yang juga memiliki tempat wisata belanja Cihampelas Walk (Ciwalk) Mall serta skywalk Teras Cihampelas.

Sehingga pengunjung wisata edukasi TPST Baksil, nantinya juga dapat lanjut menikmati lokasi-lokasi wisata lain, termasuk Forest Walk Babakan Siliwangi untuk menghirup udara sejuk terutama saat pagi dan sore hari di tengah Kota Kembang.

Baca Juga: Awas Macet, Sejumlah Titik Jalan Kota Bandung yang Diprediksi Jalur Konvoi Bobotoh Sabtu Besok

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah