Pemkab Bandung Barat Tetapkan Tanggap Darurat Tangani Banjir Bandang dan Longsor di Cipongkor dan Rongga

- 27 Maret 2024, 05:00 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi serta memberikan berbagai bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat pada Senin malam (25/3/2024)
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi serta memberikan berbagai bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat pada Senin malam (25/3/2024) /FOTO: ANTARA/HO-Biro Humas Kemensos.

PRFMNEWS - Banjir bandang dan tanah longsor terjadi di di Kecamatan Cipongkor dan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Minggu, 24 Maret 2024 kemarin.

Akibat kejadian banjir dan longsor tersebut, beberapa rumah terdampak hingga mengalami kerusakan.

Selain itu beberapa orang pun dilaporkan menjadi korban bahkan masih berstatus hilang dan dalam pencarian oleh Tim SAR Gabungan.

Baca Juga: Banjir Bandang Terjadi di Cipongkor Kabupaten Bandung Barat pada Minggu Tengah Malam kemarin

Atas kejadian ini, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menetapkan status darurat bencana selama 14 hari.

Menurut Pj. Bupati Bandung Barat Arsan Latif selama masa tanggap darurat ini Pemkab Bandung Barat akan memastikan kebutuhan para warga terdampak.

“Artinya selama 14 hari kedepan pemda berkewajiban menanggung kebutuhan hidup dan menjamin kebutuhan masyarakat mulai makan, minum, kebutuhan bayi, balita termasuk susunya dan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Longsor di Cibenda Kabupaten Bandung Barat, 10 Orang Dilaporkan Hilang

Sebelumnya, banjir bandang diakibatkan meluapnya sungai Cijambu itu terjadi akibat hujan lebat yang menyebabkan luapan air merusak sawah, pemukiman warga dan menggerus jembatan di Desa Cibenda, Sirnagalih, Baranangsiang dan Desa Cijambu Kecamatan Cipongkor dan Desa Cibitung dan Sukaresmi Kecamatan Rongga.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x