Keseriusan Pemkot Tangani Beberapa Persoalan di Kota Bandung Mulai dari Kemacetan Hingga Penataan PKL

- 5 Maret 2024, 22:00 WIB
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau sejumlah kawasan yang kerap dijadikan tempat berjualan PKL, Jumat 2 Februari 2024
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau sejumlah kawasan yang kerap dijadikan tempat berjualan PKL, Jumat 2 Februari 2024 /Diskominfo Kota Bandung

BANDUNG, PRFMNEWS - Pemerintah kota (Pemkot) Bandung mengakui adanya beberapa keluhan umum dari masyarakat mengenai beberapa hal.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menyampaika, beberapa keluhan dari masyarkat di antaranya adalah soal kemacetan, banjir, jalan rusak, trotoar, pasar tumpah, parkir liar, serta fasilitas penerangan jalan atau penerangan umum hingga penataan pedagang kaki lima (PKL).

Karena itu Ema memastikan Pemkot Bandung akan terus mengakselerasi kinerja sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dalam penyelesaian berbagai keluhan tersebut.

"Dalam konteks menghadirkan ketentraman dan ketertiban umum itu menjadi urusan wajib layanan dasar dan merupakan hak masyarakat. Kita harus sigap merespon keluhan tersebut," ujarnya saat memberi arahan pada Rapat Koordinasi Trantibum di Balai Kota Bandung, Senin 4 Maret 2024. kemarin.

Baca Juga: Selain Atasi Macet, Pemindahan PKL dan Parkir Liar Kawasan Pasar Kordon Bandung Punya Tujuan Lain

Untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dikeluhkan warga, Ema mendorong seluruh jajaran Pemkot Bandung, untuk meningkatkan 'sense of crisis' dalam menghadapi keluhan masyarakat.

Saat ini Pemkot Bandung tengah konsentrasi menyelesaikan lima titik pembenahan yakni penataan PKL Monumen Perjuangan, Saparua, Ujungberung, Pasar Kordon, dan Pasar tumpah Sudirman, Cikutra, Ciwastra, Kosambi, Kiaracondong, serta Pasar Cijerah.

"Penataan di Monju dan Saparua telah 95 persen. Sudah tidak ada PKL di trotoar, orang berolahraga lebih aman dan nyaman. Parkir tidak ada lagi di Jalan Ambon, juga sudah tidak ada parkir di Jalan Banda," ujarnya.

"Ujungberung harus terus dijaga dan dikawal. Terkait Pasar Kordon juga sedang berproses. Begitupun dengan pasar tumpah semua harus selesai pukul 06.00 WIB. Kalau ada komplen masyarakat harus segera ditindaklanjuti," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x