Selain Atasi Macet, Pemindahan PKL dan Parkir Liar Kawasan Pasar Kordon Bandung Punya Tujuan Lain

- 3 Maret 2024, 10:00 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat tinjau kawasan Pasar Kordon Buah Batu Jumat, 1 Maret 2024. Akan ada rekayasa lalin di Pasar Kordon mulai Sabtu, 2 Maret 2024.
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat tinjau kawasan Pasar Kordon Buah Batu Jumat, 1 Maret 2024. Akan ada rekayasa lalin di Pasar Kordon mulai Sabtu, 2 Maret 2024. /Diskominfo Kota Bandung.

PRFMNEWS – Kemacetan lalu lintas di kawasan Pasar Kordon, Jalan Terusan Buahbatu, Kujangsari, Bandung Kidul, Kota Bandung, salah satunya dipicu keberadaan parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan hingga ke bahu dan badan jalan.

Sebagai solusi mengurai kemacetan di sekitaran Pasar Kordon, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memutuskan untuk melakukan penataan dan relokasi para PKL serta parkir liar yang memakan bahu dan badan jalan ke lokasi baru.

“Selama ini keberadaan parkir liar di badan dan bahu jalan serta PKL yang berada di trotoar mengakibatkan tersendatnya lalu lintas. Badan dan bahu jalan tidak boleh dijadikan lahan parkir,” kata Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna saat meninjau Pasar Kordon, Jumat 1 Maret 2024.

Maka dari itu, Ema menyatakan, parkir kendaraan pengunjung Pasar Kordon akan didorong untuk dipindahkan ke lokasi baru, yakni lahan eks Puskesmas Cijawura. Sedangkan PKL yang selama ini berjualan di area trotoar akan dipindahkan ke dalam area pasar.

"Kemacetan di kawasan ini sangat luar biasa. Parkir para pengunjung dan pedagang akan kita alihkan ke dalam. Kami sepakat mulai besok (Sabtu 2 Maret 2024), parkir akan dialihkan ke lahan milik Pemerintah yaitu eks Puskesmas Cijawura,” tutur dia.

"Camat lakukan sosialisasi. Semua orang yang biasa parkir kita pindahkan. Motor nanti masuk ke eks Puskesmas. Kita koordinasikan dengan Perumda Pasar," imbuhnya.

Selain dalam rangka mengurai kemacetan, Ema menyebut, penataan dan pemindahan PKL serta parkir liar di kawasan Pasar Kordon juga bertujuan untuk persiapan perbaikan trotoar di sepanjang Jalan Terusan Buahbatu oleh Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung.

“Nanti DSDABM akan melakukan perbaikan trotoar di sepanjang Jalan Terusan Buah Batu. Agar para pejalan kaki bisa menikmati trotoar,” ungkap dia.

“Kami pun tidak ada niat untuk menghilangkan potensi rezeki para pedagang. Ini dilakukan demi kebaikan bersama. Mohon dukungannya, mudah-mudahan upaya yang sedang dilakukan bisa berjalan dengan lancar,” sambungnya.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x