3 Kemungkinan Penyebab Monyet Berkeliaran di Bandung, Tanda Akan Terjadinya Bencana Alam?

- 29 Februari 2024, 21:35 WIB
Kawanan monyet berkeliaran di daerah Sukaluyu, Kota Bandung, Rabu 28 Februari 2024
Kawanan monyet berkeliaran di daerah Sukaluyu, Kota Bandung, Rabu 28 Februari 2024 /NETIZEN PRFM

PRFMNEWS - Kurator Museum Zoologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung (SITH ITB) Ganjar Cahyadi mengungkap berbagai kemungkinan penyebab monyet ekor panjang berkeliaran atau turun ke permukiman warga di Kota Bandung pada Rabu 28 Februari 2024.

Hingga, Kamis 29 Februari 2024, kawanan monyet tersebut masih terlihat di permukiman warga Kota Bandung dan areal lainnya. Mereka berpindah-pindah dari genting, kabel, hingga memasuki area luar rumah warga.

Ganjar menjelaskan, terdapat 3 kemungkinan penyebab monyet turun ke permukiman warga di Kota Bandung.

Baca Juga: Monyet Masih Berkeliaran di Bandung, Kali ini Terlihat di Jalan Pahlawan

"Pertama, kelompok monyet tersebut merasakan ada tanda bahaya dari alam sehingga menjauh dari habitatnya," tuturnya dalam keterangan resmi ITB.

Ia memaparkan, jarak waktu terjadinya bencana dari berpindahnya hewan tersebut biasanya relatif cepat. Hal ini karena primata tersebut memiliki insting yang lebih kuat.

"Biasanya bencana tidak akan terlalu lama (dari kepergian mereka dari habitatnya). Namun, jika tidak ada kejadian bencana, penyebabnya mungkin hal lain," katanya.

Baca Juga: Monyet Ekor Panjang Berkeliaran di Pemukiman Warga di Nagreg

Penyebab kedua, kata Ganjar, mungkin hewan ini mencari makan ke tempat lain karena di tempat sebelumnya sumber daya makanan menipis sementara populasinya banyak.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x