Skor SPBE Kota Bandung Naik Tiap Tahun, Ema Sumarna Ungkap Penyebabnya

- 23 Februari 2024, 04:00 WIB
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna paparkan aspek-aspek kenaikan skor SPBE Kota Bandung, Rabu 21 Februari 2024
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna paparkan aspek-aspek kenaikan skor SPBE Kota Bandung, Rabu 21 Februari 2024 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kota Bandung terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun

Pada tahun 2021, SPBE Kota Bandung mendapat skor 3,19. Kemudian di tahun 2022, skor SPBE Kota Bandung naik menjadi 3,6 dengan indeks sangat baik.

Lalu, pada tahun 2023, SPBE Kota Bandung memperoleh skor 3,98, mampu melebihi target RPJMD di angka 3,5.

Baca Juga: Bojan Hodak Yakin Persib Bandung Bisa Curi Kemenangan dari Barito Putera

Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, aspek utama yang perlu diperhatikan adalah indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan Pemerintah Kota Bandung.

"Jika masyarakat masih merasa kesulitan atau lambatnya pelayanan, untuk apa SPBE tinggi. Harus ada ukuran dari masyarakatnya. Manajemen dan audit SPBE kita masih perlu ditingkatkan," ucapnya saat Survey Evaluasi SPBE, Rabu 21 Februari 2024.

Menurut Ema Sumarna, indikator SPBE harus memenuhi aspek substansial dan tak hanya formalitas. Konteks layanan harus serba terbuka, cepat, dan terintegrasi.

Baca Juga: Ini 8 Besar Raihan Suara Sementara Caleg Dapil 1 DPRD Kota Bandung

"Jangan ada ego sektor dalam berbicara SPBE. Seharusnya pemikiran kita ini adalah pemikiran Pemkot, bukan lagi OPD. SPBE itu tim, tidak bisa berbicara ego OPD. Selama masih berpikir sektoral, nilai yang kita dapatkan itu hanya formalitas," ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x