Penghubung 2 Provinsi, Ini Rute Tol Terpanjang di Indonesia yang Akan Dibangun Lintasi Gedebage

- 10 Februari 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi tol Getaci.
Ilustrasi tol Getaci. /

PRFMNEWS – Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) akan memiliki ruas jalan tol baru dengan rute hingga ke wilayah Jawa Tengah (Jateng). Sehingga digadang-gadang, jalan bebas hambatan ini akan menjadi tol terpanjang di Indonesia.

Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) merupakan ruas jalan tol yang akan dibangun oleh Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Kehadiran jalan tol ini diharapkan mampu menekan kemacetan lalu lintas dalam perjalanan antara Jabar-Jateng.

Rute Tol Getaci akan dibangun dari Gedebage melintasi wilayah Garut, lanjut ke Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran (Jabar) hingga ke Cilacap (Jateng). Kemacetan di ruas jalan antara Bandung-Tasikmalaya khususnya di Tanjakan Gentong dan Nagreg, diharapkan bisa teratasi saat jalan tol ini telah berfungsi.

Baca Juga: Pembangunan Tol Getaci Dimulai dari Gedebage, Benarkah Akan jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia?

Rencananya, Tol Getaci dibangun dengan total panjang 206,65 km, terdiri atas ruas jalan yang melintasi Provinsi Jabar sepanjang 171,40 km dan Jateng sepanjang 35,25 km.

Tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Tol Getaci direncanakan terdiri atas 4 seksi, yakni Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara (45,20 km), Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya (50,32 km), Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan (76,78 km), dan Seksi 4 Patimuan-Cilacap (34,35 km). Nilai investasi untuk proyek Tol Getaci sebesar Rp56 triliun.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x