Solusi Macet di Bandung, Kemenhub Bakal Revitalisasi Terminal Cicaheum Bandung

- 9 Februari 2024, 09:30 WIB
Kondisi terminal Cicaheum Kota Bandung Jumat, 15 Desember 2023.
Kondisi terminal Cicaheum Kota Bandung Jumat, 15 Desember 2023. /Tommy Riyadi/prfmnews

CICAHEUM, PRFMNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai kota Bandung sebagai salah satu daerah dengan tingkat kemacetan yang tinggi.

Salah satu penyebab kemacetan di Kota Bandung adalah tingginya penggunaan kendaraan pribadi dibanding dengan penggunaan transportasi umum.

Karena itu, sebagai salah satu solusi mengatasi macet di Bandung, Kemenhub bakal melakukan revitalisasi Terminal Cicaheum setelah sebelumnya menyelesaikan revitalisasi Terminal Leuwipanjang.

Baca Juga: Menhub Ingin Ubah Citra Terminal Cicaheum Bandung, ini Upaya yang Dilakukan

Diharapkan Budi Karya dengan adanya perbaikan di Terminal Cicaheum membuat minat warga Bandung beralih ke transportasi publik meningkat sehingga bisa berdampak pada penguraian kepadatan lalu lintas.

Disebutkan dia, nantinya revitalisasi terminal Cicaheum bukan hanya dilakukan pada sisi fisik bagunan, tapi juga dengan sistem integrasi transportasi massal berbasis bus di mana Bandung dan Medan mendapat bantuan ratusan bus listrik.

“Dengan adanya bantuan tersebut, kita memiliki ruang fiskal yang memadai. Kita juga akan mendapatkan bantuan 462 armada bus listrik dari World Bank,” tambahnya.

Baca Juga: Kemenhub Akan Perbaiki Terminal Cicaheum Serupa dengan Terimal Leuwipanjang

Nantinya ada sekitar 20 rute bus listrik yang akan melintas di kota Bandung.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x